KPP Cianjur Meriahkan HUT ke-342 Cianjur dan Hari UMKM Nasional

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cianjur bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Industri, dan Perdagangan (Diskoperindag), PT. Permodalan Nasional Madani (PT. PNM) serta Sinergitas ABCGM Kab. Cianjur melaksanakan serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Kab. Cianjur dan Hari UMKM Nasional.

Rangkaian acara yang digelar di Alun-alun Cianjur sejak Kamis (15/08) hingga Jumat (16/08) itu dimulai dengan apel akbar, pagelaran seni, bazaar, serta layanan konsultasi perpajakan. Selain 200 pelaku UMKM Kab. Cianjur, acara ini dihadiri pula oleh Plt. Bupati Kab. Cianjur Herman Suherman, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI Rully Indrawan, dan Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM RI, Yuliana Setiawati.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Cianjur, Kaswandi mengatakan, DJP mendukung setiap pengembangan UMKM. “Kami mempunyai program pengembangan UMKM atau yang kami sebut Business Development Services (BDS). Nah, BDS yang diselenggarakan KPP Pratama Cianjur ini sudah sejalan dengan program Pemerintah Daerah, khususnya Diskoperindag,” ungkapnya dihadapan peserta Pelatihan dan Seminar UMKM di Hotel Bydiel Cianjur, Senin (19/08).

Kaswandi berharap bahwa kegiatan ini dapat membantu UMKM dalam memajukan perekonomian daerah. “Kami harapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan mutu UMKM Kab. Cianjur sehingga dapat memajukan perekonomian daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, para pelaku UMKM akan mendapat bekal yang cukup untuk merintis usahanya. “Disini ada para narasumber yang akan menjelaskan mulai dari strategi pemasaran, penentuan branding, permodalan, hingga pemenuhan kewajiban pajaknya. Selain itu, kami berharap kegiatan ini dapat menciptakan sinergi antara Diskoperindag, KPP Pratama Cianjur, PT. PNM serta sinergitas ABCGM sehingga dapat terbentuk UMKM yang solid, unggul, dan sadar pajak,” tandasnya.

Pelatihan yang dikemas dalam program BDS ini mengangkat tema “Smart Entrepreneur Menuju Kesuksesan Wirausaha”. Beberapa narasumber nampak mengisi acara, yaitu Widyaiswara Ahli Muda Diskoperindag Provinsi Jawa Barat Achmad Rosyad, pemilik PT. Novindo Digital Media Novi Setia Nurviat, Account Representative KPP Pratama Cianjur Triawan, serta perwakilan PT. PNM (Persero).

Achmad Rosyad memberi materi terkait penguatan branding UMKM. Menurut Achmad, dalam memasarkan produknya, para pelaku UMKM membutuhkan brand yang tepat. “Dibutuhkan strategi pemasaran produk yang tepat dalam mengembangkan usaha. Branding ini penting untuk membangun kredibilitas dan persepsi bagi konsumen,” ujarnya.

Selaras dengan itu, Novi Setia Nurviat menjelaskan strategi pemasaran produk melalui website atau e-commerce. Menurut Novi, ada tiga pilar dalam memasarkan produk melalui e-commerce yaitu website publishing, search engine and social media marketing, serta brand marketing. “Di zaman ini, tentu perlu dilakukan pemasaran secara online sehingga konsumen dapat dijangkau dengan lebih luas,” ungkap penerima penghargaan Asean Youth Award 2017 itu.

Selain branding, sektor permodalan juga menjadi hal penting bagi para pengusaha. PNM bersedia memberikan bantuan modal bagi para pengusaha.

Dengan semakin meningkatnya kemampuan pelaku usaha dalam memasarkan produknya, kesadaran dan kepatuhan pajak tentu tidak boleh terlewatkan.

Triawan menjelaskan kewajiban perpajakan yang biasanya dimiliki pelaku UMKM, mulai dari kewajiban memiliki NPWP, cara menghitung pajak UMKM, cara pembayaran, hingga pelaporan pajaknya.

Senada dengan Kaswandi, Kepala Diskoperindag Hilmam Haris mengimbau agar UMKM Kab. Cianjur dapat meningkatkan kebersamaan dan kerjasama supaya dapat menjadi UMKM yang unggul. Dalam kesempatan tersebut, Hilmam sekaligus menutup rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kab. Cianjur dan Hari UMKM Nasional itu.

(nto)

Loading...

loading...

Feeds

BPJSTK Mengajar Edukasi Pelajar SD Cibentar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat berbagi ilmu pengetahuan dan memberikan semangat kepada siswa Sekolah Dasar (SD) …