Ingatkan Peran Desa Tangkal Narkoba

KERJA : Kepala BNN KBB Sam Norati Martiana saat ditemui di kantornya.
( Foto : MOCH HABIBI/RADAR BANDUNG )

KERJA : Kepala BNN KBB Sam Norati Martiana saat ditemui di kantornya. ( Foto : MOCH HABIBI/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba hingga ke pelosok desa, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta semua kepala desa di KBB turut berperan aktif dalam sosialisasi.

Kepala BNN KBB Sam Norati Martiana mengatakan, peredaran obat-obatan terlarang seperti penggunaan narkotika dan penyalahgunaan psikotropika sudah menyasar ke daerah-daerah pinggiran dimana menjadikan pelajar sebagai targetnya.

“Untuk itu kita telah menyosialisasikan program Pencegahan Pemberantasan Peredaran dan Penyalahgunaan Gelap Narkoba (P4GN) kepada dokter seluruh puskesmas di KBB. Berikutnya kami akan lakukan kepada para kepala desa,” kata Kepala BNN KBB Sam Norati Martiana di Ngamprah, kemarin.

Dirinya berharap, kepala desa bisa menjadi agen pencegahan dini dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran obat-obat terlarang dan narkotika di wilayahnya sendiri.

Menurut Sam, peran kepala desa sangat penting dalam menyukseskan program ini. Apalagi Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat menjadikan Kabupaten Bandung Barat (KBB) sebagai salah satu kabupaten percontohan program P4GN.

Kepala desa juga bisa menggulirkan kebijakan dalam dukungan kegiatan P4GN melalui anggaran ADD, mengingat alokasi anggaran tersebut tidak semuanya dialokasikan untuk pekerjaan fisik.

Dia mengemukakan, berdasarkan angka prevelensi pengguna narkoba hasil penelitian Universitas Indonesia (UI) secara nasional, Jawa Barat tertinggi.

Di KBB, sejauh ini dari total 1,7 juta jiwa penduduk angka prevelensinya tidak terlalu signifikan. Persentase pengguna 50 persen adalah pekerja, 27 persen pelajar, dan 23 persen sisanya.

Namun jika dulu laki-laki pengguna narkoba itu sangat dominan, tapi sekarang, antara laki-laki dan perempuan hampir seimbang.

Loading...

loading...

Feeds