Kelurahan Garda Terdepan Berantas Narkoba

FOTO BERSAMA: Kepala BNN Kota Bandung, Yenni siti Saodah (kedua dari kanan) bersama Asisten Bidang Kesra Kota Bandung dan Lurah Burangrang, Arief Budiman mengabadikan foto didepan kantor RW 02, Sabtu (17/8/2019).
(foto: SOLIHIN SAMAD/ RADAR BANDUNG)

FOTO BERSAMA: Kepala BNN Kota Bandung, Yenni siti Saodah (kedua dari kanan) bersama Asisten Bidang Kesra Kota Bandung dan Lurah Burangrang, Arief Budiman mengabadikan foto didepan kantor RW 02, Sabtu (17/8/2019). (foto: SOLIHIN SAMAD/ RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peredaran Narkoba di Indonesia  sudah merambah sampai ke kelurahan/ pedesaan. Untuk itu kelurahan harus menjadi garda terdepan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN).

Berdasarkan hasil survey di 13 provinsi  pada 2018 oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI, diketahui prevelansi dikalangan pelajar/mahasiswa menujukkan angka 3,2 persen yaitu 2.297.492 orang. Dihitung dari total jumlah pelajar mahasiswa tahun 2018 sebanyak 15.440.000 orang. Sedangkan pada kelompok pekerja prevelansi setahun terakhir pakai sebesar 2,1 persen atau setara dengan 1.514.037 orang, dihitung dari total jumlah pekerja formal sebanyak 74.030.000 orang.

Menghadapi kondisi itu, BNN Kota Bandung bekerjasama dengan Kelurahan Burangrang menggelar kegiatan Pencanangan Kelurahan Burangrang sebagai Kelurahan Bersinar di Kota Bandung, Sabtu (17/8/2019) bertepatan dengan hari peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Pada Kegiatan itu, dilaksanakan pembacaan Deklarasi Bersama Anti Narkoba oleh karang taruna, penyerahan plakat dan buku saku Kelurahan Bersinar sebagai pedoman dalam pelaksanaan Kelurahan Bersinar. Kemudian juaga dilakukan peninjauan lokasi percontohan Kelurahan Bersinar di Kelurahan Burangrang yaitu di wilayah RW 02, ada juga karnaval dan panggung hiburan yang akan diisi oleh penyuluhan bahaya penyuluhan narkoba melalui stand up comedy. Mobil “Bulao”

Kepala BNN Kota Bandung, Yenni Siti Saodah mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya terbaik dalam pencegahan dan pemberantasan penyalah gunaan dan peredaran Narkoba (P4GN).

“Momentum 17 Agustus ini kita hadir bersama Asisten Bidang Kesra demi mewujukan SDM yang unggul untuk kemajuan Indonesia. Strategi ini kita terapkan sebagai  langkah kongkrit BNN untuk menciptakan Kota Bandung bersih Narkoba,” tegas Yeni.

Ditempat yang sama, Lurah Burangrang, HM Arief Budiman mengatakan,pihaknya berupaya semaksimal mungkin melaksanakan P4GN dengan membentuk relawan disetiap RT dan RW yang terdiri dari tokoh tokoh masyarakat setempat.

“Tokoh masyarakat memiliki wibawa dan disegani oleh warga setempat. Nasehatnya didengar dan ditaati dengan demikian diharapkan program P4GN lebih efektif,” pungkasnya.

(sol)

Loading...

loading...

Feeds