HUT RI ke 74, Menara Eiffel Van Cimahi

SEMARAK : Panitia HUT RI ke 74 Kelurahan Cigugur berfoto di depan menara eiffel hasil karya mereka. 
(foto: WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

SEMARAK : Panitia HUT RI ke 74 Kelurahan Cigugur berfoto di depan menara eiffel hasil karya mereka. (foto: WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyemarakkan perayaan Hari Ulangtahun Republik Indonesia tiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.


Kreatifitas warga di Kota Cimahi untuk menyambut HUT RI ke 74 tahun 2019 ini, tergambar dari replika Menara Eiffel yang ada di pinggir Jalan Cigugur Tengah, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Menara Eiffel dengan tinggi hampir 6 meter itu dibuat oleh warga RT 01/10, Kelurahan Cigugur Tengah, secara bergotongroyong. Bahkan, biayanya pun dikumpulkan secara urunan.

Mamat Ruhimat (50), Ketua Panitia HUT RI RT01/10, mengatakan tak ada alasan khusus yang melatarbakangi pembuatan menara yang diberinama ‘Menara Eiffel Van Cimahi’ itu.

“Ini murni hanya untuk memeriahkan HUT RI ke-74. Kenapa dibuat menara seperti ini, karena memang yang paling mudah dibuat secara konstruksinya,” ujar Mamat saat ditemui di lokasi menara itu terpasang, Kamis (15/8/2019).

Konstruksi pembuatan menara itu menggunakan bambu dan kayu kaso. Lalu dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai Menara Eiffel asli yang ada di Perancis.

Ia dan puluhan warga lainnya membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk membuat menara dari nol hingga bisa berdiri dan menghiasi sisi jalan tempat tinggalnya.

“Ini sebetulnya inisiatif panitia HUT RI, kalau warga hanya membantu membuat tanpa dipungut biaya. Untuk menara ini saja butuh sekitar Rp2,5 juta. Kalau dengan hiasan di gapura sama bendera di jalan, butuh sekitar Rp5 juta,” tuturnya.

Keindahan menara itu akan semakin terlihat pada malam hari. Lampu hias berwarna-warni terpasang di semua bagian menara, sehingga memberikan kesan megah dan meriah.

“Kalau siang memang agak kurang bagus, karena hanya kelihatan kayunya saja. Justru bagusnya itu saat malam. Tapi dari siang juga sudah banyak yang selfie disini,” ceritanya.

Kreatifitas warga menjelang HUT RI bukan kali ini saja. Sandi Cahyana (39), ketua RT 01/10, mengungkapkan, setiap tahunnya selalu ada hiasan yang dibuat oleh Panitia HUT RI dibantu warga sekitar.

“Tahun 2017 kita buat makam pahlawan, terus tahun 2018 kita buat pesawat tempur, nah tahun ini menara. Jadi sudah tradisi membuat hiasan yang menarik untuk HUT RI,” kisahnya.

Soal menara yang dibuat, Sandi mengaku secara konstruksi sudah selesai sepenuhnya. Namun secara hiasan, masih ada kekurangan.

“Jadi inginnya ada taman di depan menara, lagi proses mengumpulkan bahan. Targetnya sebelum tanggal 17 Agustus sudah selesai,” jelasnya.

Ia berharap kreatifitas yang dituangkan oleh warganya bisa bertahan lama dan menunjukkan semangat generasi bangsa sekaligus mengenang jasa pahlawan.

“Ini kan bentuk kecintaan kami pada Indonesia dan pahlawan. Kami ajarkan untuk anak muda disini, mereka harus kreatif dan produktif,” tandasnya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

Ada Efek Pegal-pegal dan Ngantuk

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah disuntik vaksin, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tidak berencana melakukan kegiatan yang terlalu berat. “Setelah …

Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) …

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …