Jangan Ada Moratorium CPNS Guru

MENGAJAR: Seorang guru sedang mengajarkan muridnya berbicara di depan umum sebagai pelatihan pembentukan karakter. 
(foto: IST)

MENGAJAR: Seorang guru sedang mengajarkan muridnya berbicara di depan umum sebagai pelatihan pembentukan karakter. (foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy meminta, agar tidak ada lagi moratorium Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guru karena akan berakibat pada ketidakmerataan guru.

“Persoalan guru yang ada saat ini karena adanya moratorium guru. Padahal setiap tahun, jumlah guru yang pensiun di atas 40.000 guru,” ujar Muhadjir, Selasa (13/8/2019).

Dia menjelaskan, untuk membuat perencanaan kebutuhan guru sebenarnya cukup mudah. Pihaknya bahkan bisa membuat perencanaan kebutuhan hingga 10 tahun ke depan. Akan tetapi ketika ada moratorium akibatnya guru yang pensiun tidak diganti.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar tidak ada lagi moratorium guru, karena akan berdampak pada banyak hal.

“Akhirnya kepala sekolah angkat guru honorer dan ini bisa menjadi masalah baru lagi,” kata dia.

Dibanding mengangkat guru honorer, Muhadjir menyarankan, agar lebih baik memperpanjang masa pengabdian guru yang mau pensiun. Para guru yang mau pensiun dikontrak tiga hingga lima tahun ke depan.

Jumlah guru honorer yang ada saat ini mencapai 780.000-an guru. Padahal tahun sebelumnya jumlahnya 734.000 guru honorer.

“Saya minta jangan lagi direkrut guru honorer di sekolah,” pungkas Muhadjir.

(arh/net)

Loading...

loading...

Feeds

Targetkan 11 Daerah Dimekarkan

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat membutuhkan Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus pemenuhan layanan pemerintah dan infrastruktur kepada …

Google Hapus 85 Aplikasi di Play Store

Berdasarkan laporan peneliti di Trend Micro, Google menghapus 85 aplikasi dari Google Play Store. Pasalnya, aplikasi diketahui mengandung adware yang dapat …

Pembangunan Gedung Creative Center Dikawal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pembangunan gedung Creative Center di Tasikmalaya akan dikawal hingga terealisasi. Proyek yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa …

Edukasi Motor Melalui Harley Owners Group

BANDUNG – Harley Owners Group (HOG) Siliwangi memiliki kepengurusan baru periode periode kepengurusan 2019-2021. Pelantikan tersebut dilakukan kepada 45 pengurus …