Beredar Video Banjir di Mina, Jamaah Jabar Aman dan Lancar

POJOKBANDUNG.com, MEKAH – Cuaca di Mina tak seperti biasanya pada Senin (12/8/2019) kemarin. Hujan deras mengguyur ditambah dengan angin kencang membuat jamaah haji harus lebih hati-hati.

Sebuah video yang mengabarkan bahwa Mina, Arab Saudi, dilanda banjir beredar di aplikasi WhatsApp. Beberapa akun di media sosial juga ada yang membagikannya.

Seperti diketahui, saat ini jamaah haji dari segala penjuru dunia tengah melakukan rangkaian ibadah haji di Mina. Dalam video berdurasi 11 detik itu terlihat jemaah berbondong-bondong berjalan melewati air setinggi hampir selutut orang dewasa. Selain banjir, listrik pun mati.

Dilansir dari Khaleej Times, Senin (12/9/2019), daerah Mina memang diguyur hujan deras. Sampah-sampah terbawa aliran air hujan ke tempat yang lebih rendah.

Menurut informasi, air hujan juga merembes ke dalam tenda jemaah.

Meski demikian, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E. memastikan bahwa kondisi jamaah haji Indonesia aman terkendali termasuk warga Jawa Barat. Meski banjir, kata Uu, namun tidak lama sehingga cepat surut.

“Banjir Mina hanya sebetis orang dewasa. Sedangkan untuk listrik di Arafah tidak padam semua, hanya sebagian blok saja kemudian nyala lagi,” ujar Uu saat dihubungi Pojokbandung via Ponsel, Selasa (13/8/2019) malam.

Untuk hari pertama jamaah Jabar saat di Musdalifah lancar, termasuk lempar jumroh pun lancar meski jauh dari Jamarat. Kata Uu, di Jamarat juga tidak berdesak-desakan karena 5 tingkat sehingga aman dan nyaman.

Sementara di hari kedua saat dhuhur baru terjadi hujan besar tetapi tidak mengganggu jamaah asal Indonesia. “Kita berada di tenda Maktab 50 dan seterusnya tidak kena banjir, karena posisi diatas jalan. Jadi hujan disini sudah terjadi 3 kali,” sebutnya.

Uu bercerita, dirinya saat ini tengah menunggu di Hotel Al Barik, Ajaziyah untuk menuju Masjidil Haram yang berjarak sekitar 2,5 Km. Untuk warga Jabar tidak perlu ada yang dikhawatirkankan, karena saat mabit (bermalam, red) di Mina itu aman. “Hari ini panas kembali, jemaah Jabar sudah bergerak menuju Masjidil Haram,” tandasnya.

“Kepada keluarga yang keluarganya ada yang naik haji tenang aja. Tidak ada apa-apa. Tenang aja. Aman dan selamat,” tegasnya.

(apt/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Targetkan 11 Daerah Dimekarkan

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat membutuhkan Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus pemenuhan layanan pemerintah dan infrastruktur kepada …

Google Hapus 85 Aplikasi di Play Store

Berdasarkan laporan peneliti di Trend Micro, Google menghapus 85 aplikasi dari Google Play Store. Pasalnya, aplikasi diketahui mengandung adware yang dapat …

Pembangunan Gedung Creative Center Dikawal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pembangunan gedung Creative Center di Tasikmalaya akan dikawal hingga terealisasi. Proyek yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa …

Edukasi Motor Melalui Harley Owners Group

BANDUNG – Harley Owners Group (HOG) Siliwangi memiliki kepengurusan baru periode periode kepengurusan 2019-2021. Pelantikan tersebut dilakukan kepada 45 pengurus …