Pilih Mana, Masak Gulai Kambing atau Sate? Simak Tips dan Resepnya

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Daging kambing akan menjadi menu utama dalam beberapa hari perayaan Idul Adha. Masyarakat senang mengolahnya dalam berbagai resep seperti gulai atau dijadikan sate. Sebetulnya dimasak dengan cara apapun boleh-boleh saja sesuai selera.

Chef Noldy Herling dari Hotel Mercure Jakarta Simatupang memberikan tips untuk memasak atau mengolah daging kambing lebih lezat disantap bersama keluarga. “Gampang kok mengolah daging kambing agar lebih lembut dan empuk, pertama tentunya dipotong sesuai ukuran yang diinginkan,” kata Chef Noldy kepada JawaPos.com, Sabtu (10/8.

Dalam laman Live Strong disebutkan daging kambing adalah alternatif yang sehat pengganti daging sapi dan ayam karena total kalori, lemak dan kolesterolnya lebih rendah. Daging kambing terdiri dari 63 persen dari daging merah yang dikonsumsi di seluruh dunia.

Bagian 3 ons daging kambing memiliki 122 kalori, yang jauh lebih sedikit dari daging sapi 179 dan ayam 162. Dalam hal lemak, kambing jauh lebih sedikit daripada yang lain. Satu porsi daging kambing mewakili hanya 4 persen dari nilai total lemak harian, berdasarkan diet 2.000 kalori.

Kolesterol daging kambing yakni 63,8 miligram per porsi 3 ons jauh lebih sedikit daripada daging sapi dan 73,1 miligram daging babi dan 76 miligram ayam per porsi. Daging kambing juga mengandung protein dan delapan asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Protein kambing 23 gram per porsi sebanding dengan 25 gram dalam satu porsi daging sapi dan ayam. Faktanya, satu porsi kambing 3 ons memenuhi 46 persen nilai protein harian.

ILUSTRASI daging kambing yang dimasak dengan lezat. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
Tips Memasak Gulai Kambing

Chef Noldy memberikan tips agar memasak gulai kambing menjadi lebih empuk. Adalah dengan menambahkan namas saat merendamnya.

“Daging kambing kemudian direndam dengan buah nanas kurang lebih 3- 4 jam. Atau lebih lama lebih baik,” kata Chef Noldy.

Pilihan yang kedua atau cara alternatif lainnya agar dagimg menjadi lebih lembut adalah dengan bubuk pelembut. Harganya juga terjangkau.

“Pakai bubuk pelembut Tenderizer warna putih. Murah kok harganya terjangkau untuk ibu-ibu,” ungkap Chef Noldy.

Agar rasanya lebih meresap, maka daging kambing sebaiknya ditumis terlebih dahulu. Menumis daging kambing dibarengi bumbu biar meresap dan tak amis atau bau dagingnya.

Tips Memasak Sate Kambing

Bumbu yang dibalurkan pada sate kambing juga sesuai selera. Hanya saja, waktu atau durasi merendam melumuri bumbu pada sate harus lebih lama.

“Iya dibumbui dulu satenya biar lebih meresap. Simpan semalam jadi bumbunya meresap. Tambah larutan air asam Jawa dikit biar lebih enak satenya,” ujar Chef Noldy.

Resep Kari Kambing

Siapkan daging kambing
3 sendok makan bumbu kari
Lada hitam secukupnya
Bawang merah
Bawang putih
Garam

Cara Membuat
Bersihkan dan cuci daging kambing. Tambahkan bubuk kari, lada hitam, garam, bawang merah cincang, bawang putih cincang. Campur bumbu dengan merata ke dalam daging kambing. Di atas wajan, tambahkan 1 sendok makan mentega atau minyak. Tuang daging ke dalam wajan, tumis tambah air dan masak sampai lunak. Sajikan.

(Jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …