Sambut HUT RI dengan Mural

MELUKIS : Sambut HUT RI ke -74, warga Jalancagak Subang melukis dinding (mural) di tembok tembok rumahnya, pada Rabu malam (7/8/2019). (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

MELUKIS : Sambut HUT RI ke -74, warga Jalancagak Subang melukis dinding (mural) di tembok tembok rumahnya, pada Rabu malam (7/8/2019). (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga dusun Jalancagak, Subang, menyambut HUT Kemerdekaan RI ke -74 dengan melukis mural di tembok. Gang yang sempit pun menjadi menyenangkan dengan adanya mural cantik ini.

Kades Jalancagak, Indara Zainal Alim  mengataka mural itu dibuat murni inisiatif warga. Mural tersebut merupakan karya tangan-tangan anak muda setempat yang pandai melukis.

“Untuk lukisan mural itu atas inisiatif dari warga. Arahan dari kami 17 Agustus di wilayah lingkungan masing-masing dihias dengan warna warni, ataupun tokoh-tokoh pahlawan , termasuk hias gapura dan pemasangan umbul umbul,” ujar Indara saat dihubungi, Rabu (7/8/2019).

“Selain warga, karang taruna desa pun mengumpulkan seluruh sumber daya yang ada, karang taruna, kadernya, yang bisa digerakkan di sana mencoba menghias,” tambahnya.

Awalnya, mural dibuat hanya Dusun Jalancagak satu. Namun kemudian meluas hingga di dua duasun lainnya setelah warga lainnya melihat keindahan mural tersebut. Tak hanya itu, warga juga melakukan bersih bersih lingkungan.

“Awalnya cuma beberapa tembok rumah yang dicat aneka warna, ternyata bisa memancing warga lainnya,  jadi banyak,  jadi ramailah ,” ucapnya.

Untuk biaya, warga secara swadaya mengumpulkan dana untuk membeli cat. Pembuatan mural.Selain mural, warga setempat memasang bendera Merah-Putih hingga umbul umbul untuk menyambut HUT RI. Hiasan bendera kecil ‘memayungi’ jalan pemukiman menambah cantik setiap gang dan jalan pemukiman.

Seorang warga, Aan (35), mengagumi kreativitas pemuda setempat. Menurutnya, mural mempercantik jalan pemukiman sehingga jauh dari kesan kumuh.

” Ini karya muda mudi yang luar biasa, pokoke keren dan cabtik. Jadi agustusan kali ini, agustusan cantik penuh warna, ” ucap Aan sambil menujukan salam dua jarinya.

Seorang pemuda setempat, Iyan (23), mengatakan mural tersebut adalah dari ide bersama teman lainnya. “Kalau sulit, nggak juga, cuma nuangin ide aja, yang penting jadi,” kata Iyan.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

Targetkan 11 Daerah Dimekarkan

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat membutuhkan Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus pemenuhan layanan pemerintah dan infrastruktur kepada …

Google Hapus 85 Aplikasi di Play Store

Berdasarkan laporan peneliti di Trend Micro, Google menghapus 85 aplikasi dari Google Play Store. Pasalnya, aplikasi diketahui mengandung adware yang dapat …

Pembangunan Gedung Creative Center Dikawal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pembangunan gedung Creative Center di Tasikmalaya akan dikawal hingga terealisasi. Proyek yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa …

Edukasi Motor Melalui Harley Owners Group

BANDUNG – Harley Owners Group (HOG) Siliwangi memiliki kepengurusan baru periode periode kepengurusan 2019-2021. Pelantikan tersebut dilakukan kepada 45 pengurus …