Warga Tetap Menolak Guest House Rozelle

SEPI : Rumah mewah yang berlokasi di Komplek Setra Duta Blok L5, RT 04 RW 06 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara yang dijadikan guest house. (foto : IST)

SEPI : Rumah mewah yang berlokasi di Komplek Setra Duta Blok L5, RT 04 RW 06 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara yang dijadikan guest house. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi mengklaim telah menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi guesthouse di Komplek Setra Duta, sesuai aturan.


Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DPMPTSP Kota Cimahi, Hella Haerani, menjawab tudingan warga sekitaran Guest House Rozelle, jika IMB yang diterbitkan mal administrasi.

Hingga akhirnya, warga Komplek Setra Duta menggugat Pemkot Cimahi. Isi gugatan dari warga menyebutkan jika pendirian guest house itu tidak legal, karena tidak mengantongi izin dari tetangga di sekeliling guest house tersebut.

“Izinnya ada. Buktinya dari IMB yang dikeluarkan bulan oktober nomor 503.60203/1538/DPMPTSP/2018 tertanggal 4 Oktober, kepada Ibu Yani Sujarwo sebagai pemilik,” ujar Hella saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (5/8/2019).

Menurut Hella, pihaknya tidak mungkin menerbitkan IMB jika pemohon tidak memenuhi berkas-berkas yang dipersyaratkan.

“Izin tetangga, pernyataan RT, RW, lurah,.dan camat juga ada. Makanya kami berani menerbitkan. Salah kalau syarat lengkap, kami tidak menerbitkan, nanti bisa dipidana,” ungkapnya.

Soal sah atau tidaknya syarat yang dilampirkan pemohon agar diterbitkan izin, bukan menjadi kewenangan DPMPTSP.

“Kami hanya menerima berkas persyaratan, karena sudah lengkap jadi diterbitkan. Itu juga ada pernyataan dan diketahui dinas lain, seperti Dinas PUPR bidang tata ruang, apalagi sudah ada lurah dan camat,” bebernya.

Pemilik guest house sendiri mengajukan permohonan perizinan sejak 19 Januari 2015. Pemohon melengkapi semua syarat pengajuan perizinan pada 19 September 2018.

Soal keinginan masyarakat agar IMB Guest House Rozelle dicabut, Hella menegaskan tidak bisa seenaknya mencabut IMB yang sudah diterbitkan.

“Harus ada koordinasi dengan bagian hukum, itupun mesti sesuai dengan fakta dari penggugat. Intinya sekarang tunggu dulu saja putusan pengadilan,” tegasnya.

Kendati demikian, pihak warga masih belum puas meski Pemkot Cimahi telah memberikan pernyataan, bahwa guest house tersebut perizinannya telah  sesuai.

Denny Chandra, kuasa hukum warga Komplek Setra Duta, menegaskan jika warga menolak pendirian bangunan guest house sebab tak sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) pembangunan komplek.

“Peruntukkannya itu murni untuk perumahan, bukan untuk bangunan komersil. Dan sekarang protes warga melebar ke blok lain, yang bikin petisi penolakan,” katanya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …