Musim Kemarau Penderita ISPA Meningkat

WASPADA PENYAKIT: UPTD Puskesmas Kalijati mengimbau kepada masyarakat agar menjaga asupan makanan saat musim kemarau karena rawan penyakit. (foto : IST )

WASPADA PENYAKIT: UPTD Puskesmas Kalijati mengimbau kepada masyarakat agar menjaga asupan makanan saat musim kemarau karena rawan penyakit. (foto : IST )

POJOKBANDUNG.com, KALIJATI-UPTD Puskesmas Kalijati banyak menerima pasien penderita Ispa (Infeksi pernapasan atas), diantaranya batuk dan pilek. Hal itu kemungkinan besar dikarenakan musim kemarau.


Hal tersebut dikemukakan UPTD Puskesmas Kalijati melalui bagian Proskes, Ulung
setelah melaksanakan rapat mingguan tingkat Kecamatan Kalijati, di Aula Desa Marengmang Kalijati. Menurutnya, untuk antispasi penyakit Ispa, pihaknya mengimbau agar masyarakat, mendapatkan asupan air putih yang cukup, makan teratur dan istirahat cukup.

“Dalam seminggu ini, kami lumayan menerima banyak pasien yang batuk dan pilek meningkat, mungkin berkaitan dengan kemarau sekarang ini,” ujarnya.

Ia juga meminta, masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat, dengan makan teratur, dan minum air putih.

“Karena jalanan juga dalam kemarau ini berdebu Terutama di desa-desa tertentu, saya harap juga, masyarakat bisa kenakan masker bila sedang menggunakan motor,” tuturnya.

Ulung menyampaikan, beberapa program strategis yang sedang dijalankan oleh UPTD Puskemas pada Agustus ini, selain adanya pemberian imunisasi campak massal, untuk anak usia kelas 1 SD di setiap sekolah, juga ada aktivasi Posyandu, dengan program 1.000 hari pertama kelahiran.

“Kami ingin meregenerasi kader-kader kami di setiap posyandu yang ada di setiap RW se-Kecamatan Kalijati. Program yang akan dijalankan melalui 1000 hari pertama kelahiran lebih pada upaya peningkatan kesehatan dan gizi pada anak,” jelasnya.

Menurutnya, usia 0-3 tahun adalah usia tumbuh kembang anak yang harus mendapati perhatian khusus, maka dari itu perlu adanya pendampingan khusus pada setiap Ibu yang memiliki anak di usia tersebut oleh Posyandu.

(arh/net)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …