Disparbud Fokus Lestarikan Seni Tradisi kepada Anak Muda

Bandung – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat berkomitmen terus mengenalkan seni tradisi kepada anak muda. Salah satunya rutin menggelar pertunjukan dengan melibatkan seniman dan budayawan.


Keseriusan pemerintah dalam mewujudkan hal itu terlihat melalui pergelaran opera legenda kolosal Ciung Wanara yang berlangsung di teater tertutup Taman Budaya Jawa Barat (TBJB), Kota Bandung, Rabu (31/7). Pagelaran ini diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar.

Opera yang disutradarai oleh seniman besar Sunda, Bambang Arayana Sambas ini melibatkan 82 penari muda dan anak-anak tingkat SD hingga mahasiswa. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah pelestarian budaya lokal di kalangan generasi muda (milenial).

“Satu sisi (seni) pertunjukan jadi agenda pariwisata, tapi di sisi lain menjadi sarana dukasi untuk kaum milenial. Karena kita melibatkan mereka secara langsung baik sebagai pementas tapi juga penonton,” kata Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik saat dihubungi, Senin (5/8/2019).

Menurutnya pelestarian budaya sangat berkaitan erat dengan kemajuan pariwisata di Jabar. Ada banyak potensi yang bisa digali untuk mengakselerasi perekonomian sekaligus memajukan kebudayaan. Sebut saja tari jaipong hingga wayang golek yang sudah mendunia.

Dari segi fasilitas, pemerintah sudah memiliki teater tertutup Taman Budaya. Pihaknya ingin menghidupkan peran Taman Budaya sebagai ruang ekspresi seni bagi para seniman dan budayawan.

Untuk mewujudkannya, ia menyadari bahwa hal ini perlu dikolaborasikan dengan seniman dan budayawan di Jabar. Untuk itu, ia akan segera merumuskan bersama penggiat seni dan budaya berkaitan dengan agenda pertunjukan yang juga bisa menjadi daya tarik wisata.

Komitmen pelestarian budaya ini juga dinyatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengaku akan menggencarkan pertunjukan seni ke berbagai daerah dengan kolaborasi bersama seniman-seniman. Bagi RK, sehebat-hebatnya manusia, yaitu bangga akan budayanya sendiri.

“Kita ini anak Jabar yang budayanya mayoritas Sunda, maka harus paham budayanya. Insyaallah kami akan sering mengadakan pergelaran seperti ini,” ucap dia. (azs)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …