Ajak Masyarakat Kurangi Plastik, Manfaatkan Daun Jati

PURWAKARTA – Masyarakat diajak untuk memanfaatkan daun jati untuk membungkus daging kurban saat perayaan hari raya Idul Adha. Selain dipercaya menjaga kualitas daging, hal itu pun bisa mengurangi penggunaan plastik.

Ketua DPD I Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakana, penggunaan daun jati untuk membungkus daging sudah diajarkan oleh orang tua dahulu dan menjadi bagian tradisi masyarakat Jawa Barat.

“Harum dari daunnya itu memberikan efek pada daging serta mampu menjaga kualitas daging,” ujar Dedi di Pasar Leuwi Panjang, Purwakarta Minggu (4/8).

Dari pantauan, di Pasar Leuwi Panjang, Dedi mencontohkan kepada masyarakat dan pedagang memanfaatkan daun jati sebagai pembungkus daging. Kegiatan itu membuat sebagian Ibu muda terheran-heran.

Menurutnya, hal tersebut merupakan hal biasa bagi dirinya. Pasalnya, sebelum berangkat ke sekolah dirinya sering membuat tali dari bambu untuk dijual kepada pedagang di sekitar rumahnya.

Pemerintah Daerah harus membuat regulasi dalam penggunaan plastik diantaranya membuat regulasi penggunaan daun untuk membungkus daging kepada pedagang. Itu akan memberikan dampak positif bagi lingkungan, apalagi menurut Dedi, penggunaan plastik hari ini sudah cukup mengkhawatirkan.

“Jangan sampai hanya pada kurban saja,tapi buat regulasi agar penggunaan daun sebagai pembungkus digunakan untuk keseharian,” jelasnya

“Selama ini plastik menjadi problem dari keseharian kehidupan masyarakat, bahkan sampai tingkat berbahaya bagi lingkungan di rumah tidak pernah lepas dari plastik,selokan,sungai besar bahkan di laut sampah plastik sudah mengkhawatirkan dan gampang kita temui,” jelasnya.

Selain memberikan efek positif bagi lingkungan,lanjutnya bisa membangun kreatifitas bagi masyarakat terutama kepada anak – anak sekolah. Apalagi keberadaan daun jati yang sering kali berserakan kurang dimanfaatkan dengan baik. Di berbagai wilayah, khususnya di Jawa Barat banyak terdapat pohon jati, seperti Purwakarta, Indramayu atau Cirebon. Sehingga untuk kebutuhan pedagang pun menurutnya bisa tercukupi.

“Mudahlah mendapatkan daun jati hampir di semua wilayah bisa didapatkan,kan nanti tinggal drop saja mau itu pasar di Bandung atau Jakarta, satu truk kan udah banyak,” jelas dia

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …