Keruk Situ, Pemkab Kembangkan Desa Wisata

PENGERUKAN : Bupati Subang H. Ruhimat saat akan pengerukan Situ Ranca Tunjung Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

PENGERUKAN : Bupati Subang H. Ruhimat saat akan pengerukan Situ Ranca Tunjung Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Pengembangan Desa Wisata di wilayah Kabupaten Subang, dinilai bisa memanfaatkan Dana Desa. Apalagi, anggaran yang diterima desa terus bertambah setiap tahunnya.


Konsep Desa Wisata menjadi sinergi besarta Kemendes PDTT, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam upaya optimalisasi potensi desa bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Hal tersebut disampikan, Bupati Subang H.Ruhimat saat launching pengerukan Situ Ranca Tunjung Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

Hadir dalam acara itu, sejumlah pejabat Pemkab Subang, Camat Jalancagak, Wahyu Suryana, Muspika, para Kepala Desa,Pendamping Desa, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Masyrakat, Tokoh Agama dan para tamu undangan lainnya.

Di lokasi, Bupati Ruhimat turun langsung memimpin pengerukan dengan melibatkan satu alat berat (backhoe). Bahkan Bupati bersma Muspika sempat menaiki backhoe untuk memberikan komando menandai pengerukan endapan lumpur Situ Ranca Tunjung dimulai.

Bupati memberikan apresiasi program yang digagas Kepala Desa Kumpay, Asep Pulloh dan dukungan seluruh warga masyarakat Desa Kumpay.

“Dana Desa atau DD ini bisa mendorong pengembangan Desa Wisata. Jumlah yang dialokasikan pemerintah pun optimal tiap tahunnya. Investasi ini bahkan bisa memberikan keuntungan melalui aktivitas pariwisata. Apalagi, potensi alam dan budaya desa di sekitar Desa Kumpay sangat bagus,” ungkap Bupati Ruhimat disela kegiatannya, Kamis (1/8/2019).

Menurutnya, pergerakan alokasi Dana Desa memang merangkak naik setiap tahunnya. Hal ini tentunya harus menjadi peluang, terlebih untuk desa desa di Kabupaten Subang.

“Karena, optimalisasi Dana Desa untuk pengembangan Desa Wisata sangat mungkin. Sebab, Subang sumber daya alam yang sangat mendukung, terlebih aspek aspek pendukungnya pun sangat banyak, seperti Desa Kumpay ini.

“Saya sangat optimis, kedepan desa Kumpay ini akan menjadi jugjugan wisatawan. Karena Kawasan desa ini sangat ideal bagi penanaman investasi dari Dana Desa.Desa ini memiliki potensi khas berupa keindahan alamnya. Jika digunakan untuk bisnis, dan Bumdesnya berjalan sengan baik bisa jadi dana tersebut akan berkembang,”ungkapnya.

Bupati juga berharap, Dana Desa (DD) itu bisa menyentuh banyak aspek dan lebih memberi kesejahteraan langsung bagi masyarakat.

Sementara itu menurut Kepala Desa Kumpay ,Asep Pulloh, menilai wilayah desa Kumpay itu bisa dikatakan sebagai mutiara yang tersembunyi. Bagaimana tidak, Desa ini begitu banyak menyimpan potensi alam yang luarbiasa.

“Namun, kami akui potensi potensi alam di desa kami ini hingga saat ini belum tereksplorasi secara maksimal,” ucap Kang Asep sapaan akrabnya.

Asep mengaku telah menyiapkan ide dan gagasannya serta  terobosan terobosan penting untuk menumbuhkembangkan berbagai sektor pembangunan, terlebih dalam upaya mengembangkan potensi alam yang selama ini belum tergarap secara maksimal.

“Insya Allah dengan segenap potensi yang kami miliki, kita akan terus berupaya mengeksplorasi berbagai potensi yang ada di desa Kumpay ini, sehingga kemajuan ditingkat desa secara bertahap bisa diwujudkan,” ucapnya.

Untuk potensi wisata alam, sambung Asep, Desa Kumpay ini memiliki Situ Ranca Tunjung, Bukit Pasir Bilik dimana keindahan alam dua potensi wisata ini, seakan menjadi mutiara tersembunyi di desa Kumpay, hal ini lebih dikarenakan belum tereksplorasi dengan maksimal.

“Ini yang membuat saya merasa tertantang untuk mewujudkan mimpinya menjadikan desa Kumpay jadi “Jugjugan” wisatawan di Kabupaten Subang. Selain itu, saya ingin mengangkat marwah Subang melalui potensi alam Subang, khususnya di desa Kumpay ini,” ungkap Asep.

“Saya yakin, diawali dengan niat, disitu pasti ada jalan. Insya Alloh, berawal dari mimpi, saya optimis mimpi inilah yang akan menuntun ke arah terwujudnya cita cita kami, Amiin,”  pungkas Kang Asep.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …