Gunung Tangkuban Perahu Kembali Erupsi Tadi Malam

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Gunung Tangkuban Perahu kembali erupsi pada Kamis (1/8/2019) malam, pukul 20.46 WIB. Sedianya, Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu kembali dibuka hari ini pascarupsi Jumat pekan lalu.


Dari pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tinggi kolom abu teramati kurang lebih 180 meter dari dasar kawah.

Petugas Pengamat Gunung Tangkuban Perahu PVMBG, Ilham Mardikaryanta mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur.

“Betul (kembali terjadi erupsi),” ujar Ilham.

Pekan lalu, tepatnya Jumat (26/7), Gunung Tangkuban Perahu erupsi dan memuntahkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 200 meter.

Akibatnya aktivitas wisata di gunung tersebut dihentikan sementara selama kurang lebih lima hari. Personel gabungan pun disiagakan. Pasalnya, tremor atau getaran terus tercatat setiap harinya.

“Saat ini Gunung Tangkuban Perahu berada dalam status level I normal. Imbauan kami agar tidak mendekati kawah aktif yang ada di puncak dengan radius 500 meter atau sekitaran sepanjang area parkir bibir kawah dan tempat berdagang,” katanya.

PVMBG pun mengimbau agar masyarakat mewaspadai munculnya erupsi freatik yang muncul tanpa didahului gejala vulkanik yang jelas.

(apt/dtk)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …