Distribusi Daging Kurban Bisa Gunakan Daun Lontar

AKTIVITAS: Panitia kurban sedang memotong-motong daging hewan kurban untuk selanjutnya dibagikan kepada warga. (foto : IST)

AKTIVITAS: Panitia kurban sedang memotong-motong daging hewan kurban untuk selanjutnya dibagikan kepada warga. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung mengimbau warga tidak menggunakan plastik dalam pendistribusian hewan kurban. Panitia kurban disarankan bisa mennggunakan daun jati atau lontar.


“Kalau mau distribusikan daging hewan kurban, bisa dengan daun jati, lontar atau besek,” ujar Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gingin Ginanjar, kepada wartawan Kamis (1/8/2019).

“Atau setidaknya gunakan plastik ramah lingkungan yang mudah terurai. Sekarang kan banyak plastik yang dibuat dari bahan yang mudah terurai,” tambah Gingin.

Imbauan itu keluar untuk mengurangi sampah. Pasalnya, kata dia, selain tidak ramah lingkungan, kandungan zat kimia berbahaya untuk kesehatan.

“Dari sisi lingkungan, kan kita harus mengurangi sampah dan untuk kesehatan, penggunakan kantong plastik juga tidak baik,” papar Gingin.

Gingin mengaku, sudah melakukan pemantauan untuk penggunaan kantong plastik ini. Hasilnya, kesadaran masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam ini sudah baik.

“Rata-rata masyarakat juga tidak ingin disalahkan dan tidak ingin makanan mereka terkontaminasi bahan-bahan berbahaya,” tambahnya.

Meski demikian, Gingin menyebut, pihaknya tidak menyiapkan pembungkus ramah lingkungan.

“Kita di sini, fungsinya hanya mengimbau. Sedangkan larangan penggunaan kantong plastik ini merupakan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …