Pemkot Imbau Warga Segera buat KIA

MENUNJUKKAN: Seorang anak menunjukkan Kartu Idedntitas Anak (KIA). Pemkot Bandung meminta warga agar segera membuat KIA untuk memudahkan pendataan. (foto : IST)

MENUNJUKKAN: Seorang anak menunjukkan Kartu Idedntitas Anak (KIA). Pemkot Bandung meminta warga agar segera membuat KIA untuk memudahkan pendataan. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membutuhkan basis data kependudukan untuk membantu pengambilan keputusan, khususnya identitas anak-anak. Untuk itu, orang tua diimbau segera membuat Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak yang belum berusia 17 tahun.


“Pengambilan keputusan akan lebih baik dan akurat, jika dilandasi basis data. Data kependudukan dibutuhkan secara keseluruhan, baik anak-anak maupun dewasa,” ujar Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, Rabu (31/7/2019).

Karena itu, lanjut Yana, pihaknya menganjurkan warga Kota Bandung untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak yang belum berusia 17 tahun. Karena kebijakan yang diambil bukan hanya untuk orang dewasa yang usianya 17 tahun ke atas. Namun untuk anak-anak juga.

Pemkot Bandung melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melaunching Anjungan Kartu Identitas Anak. Dengan kartu tersebut bisa memudahkan masyarakat.

“Sementara anjungan ini baru ada satu unit dan rencananya di simpan di BTC mall. Ke depan, kami mengharapkan bisa diakses di setiap kecamatan,” jelasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni mengatakan, potensi anak yang bisa membuat KIA ini sekitar 7 ribu orang anak. Anjungan KIA ini merupakan yang ke dua di Indonesia.

“Di Kota Bandung menggunakan sidik jari, sehingga yang membuat KIA untuk anaknya harus ayahnya langsung. Anak yang sudah memiliki KIA, akan mendapatkan NIK yang dipakainya seumur hidup. KIA ini berguna untuk membuka rekening di bank dan mendapatkan potongan harga dari beberapa tenan,” bebernya.

“Kita sudah ada 23 perusahaan yang bekerjasama dan bisa memberikan diskon dan kemudahan kepada anak pemilik KIA,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …