Pemkot Imbau Warga Segera buat KIA

MENUNJUKKAN: Seorang anak menunjukkan Kartu Idedntitas Anak (KIA). Pemkot Bandung meminta warga agar segera membuat KIA untuk memudahkan pendataan. (foto : IST)

MENUNJUKKAN: Seorang anak menunjukkan Kartu Idedntitas Anak (KIA). Pemkot Bandung meminta warga agar segera membuat KIA untuk memudahkan pendataan. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membutuhkan basis data kependudukan untuk membantu pengambilan keputusan, khususnya identitas anak-anak. Untuk itu, orang tua diimbau segera membuat Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak yang belum berusia 17 tahun.


“Pengambilan keputusan akan lebih baik dan akurat, jika dilandasi basis data. Data kependudukan dibutuhkan secara keseluruhan, baik anak-anak maupun dewasa,” ujar Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, Rabu (31/7/2019).

Karena itu, lanjut Yana, pihaknya menganjurkan warga Kota Bandung untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak yang belum berusia 17 tahun. Karena kebijakan yang diambil bukan hanya untuk orang dewasa yang usianya 17 tahun ke atas. Namun untuk anak-anak juga.

Pemkot Bandung melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melaunching Anjungan Kartu Identitas Anak. Dengan kartu tersebut bisa memudahkan masyarakat.

“Sementara anjungan ini baru ada satu unit dan rencananya di simpan di BTC mall. Ke depan, kami mengharapkan bisa diakses di setiap kecamatan,” jelasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni mengatakan, potensi anak yang bisa membuat KIA ini sekitar 7 ribu orang anak. Anjungan KIA ini merupakan yang ke dua di Indonesia.

“Di Kota Bandung menggunakan sidik jari, sehingga yang membuat KIA untuk anaknya harus ayahnya langsung. Anak yang sudah memiliki KIA, akan mendapatkan NIK yang dipakainya seumur hidup. KIA ini berguna untuk membuka rekening di bank dan mendapatkan potongan harga dari beberapa tenan,” bebernya.

“Kita sudah ada 23 perusahaan yang bekerjasama dan bisa memberikan diskon dan kemudahan kepada anak pemilik KIA,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds