Sektor Pelayanan Publik Paling Banyak OTT

TINJAU: Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana meninjau pelayanan dan fasilitas untuk publik demi memastikan warga bisa mendapat pelayanan dengan baik dan maksimal. (foto : IST)

TINJAU: Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana meninjau pelayanan dan fasilitas untuk publik demi memastikan warga bisa mendapat pelayanan dengan baik dan maksimal. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Praktek penyalahgunaan jabatan yang berujung tindak pidana korupsi masih banyak ditemukan. 73 persen kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) banyak dilakukan sederet oknum pejabat di sektor pelayanan publik. Sepanjang 2019 saja setidaknya empat kasus OTT sudah ditangani.


Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli, Kota Bandung, Medi Mahendra menegaskan, dari 100 persen OTT yang selama ini ditemukan, 73 persennya memang bersentuhan dengan pelayanan publik.

“Kami (Tim Saber Pungli) secara intens memperhatikan instansi yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat,” ucap Medi, kepada wartawan, Selasa (30/7/2019).

Medi mengatakan, selama tahun 2019 ini, pihaknya sudah menindaklanjuti empat kasus OTT yang beberapa diantaranya, merupakan limpahan dari Saber Pungli Provinsi. Jumlah tersebut meningkat jika dibanding dengan periode 2018 yang tidak ada OTT yang ditangani.

“Ke empat kasus OTT di 2019 itu berasal dari parkir, pelayanan dan pendidikan,” tambah Medi.

OTT ini, lanjut Medi, tidak hanya berlaku untuk aparat saja, tapi juga untuk masyarakat. Untuk OTT yang melibatkan aparat, tentunya akan dikenakan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahan.

“Jika kesalahannya berat, maka bisa kena sanksi dikeluarkan. Tapi kalau masih bisa dibina, dan menunjukan peningkatan kinerja, kita tidak boleh menutup mata untuk memberika apresiasi,” bebernya.

Untuk OTT yang melibatkan aparat, seperti di bidang pendidikan maupun di bidang perparkiran, para aparat yang terlibat sudah diberikan sanksi dengan dicopot dari jabatannya.

Demikian juga untuk OTT yang melibatkan masyarakat umum, sanksi yang diterapkan adalah tidak memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk memegang pekerjaan itu kembali.

“Untuk juru parkir yang mengutip tarif parkir di Gasibu sampai Rp15 ribu -Rp20 ribu, tidak boleh lagi menjadi jukir di sana. Jika jukir tersebut memang mendapat tekanan dari pihak tertentu, seharusnya dia melapor,” paparnya.

Menurut Medi, keberadaan tim Saber Pungli ini, targetnya tidak untuk meningkatkan OTT, tapi untuk menumbuhkan rasa integritas dan loyalitas pada aparat. Sehingga tidak melakukan pelanggaran.

“Jadi jangan sampai ada prinsip, mempersulit yang mudah, sehingga membutuhkan uang pelicin agar urusan lebih lancar,” katanya

Untuk di dunia pendidikan, Medi mengingatkan, bahwa tidak salah jika pihak sekolah meminta sumbangan atau partisipasi dari orang tua siswa.

“Karena tidak mungkin menjalankan sistem pendidikan hanya mengandalkan dari pendanaan pemerintah,” terangnya.

Hanya saja, setiap partisipasi yang dibebankan kepada orang tua siswa harus mendapat kesepakatan dari komite sekolah.

“Jika komite sekolah tidak tahu menahu, maka itu akan jadi pungli,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) …

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …