Panitia Kurban Dianjurkan Tak Pakai Kantong Plastik

MEMOTONG: Panitia kurban sedang memotong-motong daging kurban untuk dibagikan kepada warga. (ILUSTRASI)

MEMOTONG: Panitia kurban sedang memotong-motong daging kurban untuk dibagikan kepada warga. (ILUSTRASI)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M Danial mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kantong plastik untuk membungkus daging kurban pada perayaan Idul Adha nanti. Oded menganjurkan agar menggunakan pembungkus yang lebih ramah lingkungan.


Oded bahkan telah mengeluarkan surat edaran yang dikeluarkan pada 29 Juli 2019. Dalam surat edaran itu dia menyarankan agar penggunaan kantong plastik bisa diganti dengan material yang lebih ramah lingkungan.

Misalnya saja bahan dari pembungkus daging kurban bisa mudah terurai, bisa digunakan ulang dan mudah terurai seperti besek bambu, kardus, daun kelapa atau kemasan lainnya.

“Saya tidak menyebutkan besek atau yang lain (secara eksplisit). Yang penting semangat kita menyelesaikan masalah lingkungan dari sampah, mari bersama-sama meminimalisir kantong plastik yang kerap jadi masalah,” kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Selasa (30/7/2019).

Dia juga mengaku, telah mengajak para pemuka agama untuk ikut serta mensosialisasikan imbauan tersebut. Sehingga program penyelamatan lingkungan ini bisa lebih tersosialisasikan ke masyarakat.

“Saya rapat dengan para ulama sudah berikan arahan untuk bersama-sama dengan para ulama ini menjalankan program termasuk program lingkungan,” pungkasnya.

(arh/dtk)

Loading...

loading...

Feeds