Ikuti Program Donasi JKN-KIS Wujud Kepedulian BAZNAS Kota Cimahi

POJOKBANDUNG.com, – Cimahi, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cimahi dalam Pendaftaran peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kolektif melalui Program Donasi JKN. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan dana Zakat Infaq dan Sodaqoh untuk disalurkan sesuai ketentuan dan tepat sasaran serta bermanfaat untuk masyarakat tidak mampu yang berada di wilayah Kota Cimahi.


Kegiatan donasi merupakan program yang melibatkan partisipasi masyarakat secara perorangan, badan usaha, atau lembaga yang bertujuan mewujudkan kepedulian kepada masyarakat dilingkungannya melalui kontribusi pendaftaran keluarga yang membutuhkan uluran tangan untuk didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS.

Sesuai amanah Undang – Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pasal 11, bahwa BPJS berwenang untuk melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka penyelenggaraan Jaminan Sosial.

“BPJS Kesehatan Cabang Cimahi akan terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, sehingga UHC di Kota Cimahi dapat segera tercapai,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Idham Kholid di sela-sela kegiatan pemberian apresiasi penghargaan kepada Baznas.

Kita ketahui bahwa Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional, yang merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Untuk proses verifikasi data masyarakat yang akan dijamin, Baznas akan meminta data ke Dinas Sosial, dan data tersebut akan diverifikasi oleh Baznas dan BPJS Kesehatan melakukan pengecekan terhadap status kepesertaan peserta tersebut melalui NIK. Dari hasil verifikasi dan pengecekan tersebut, maka akan diperoleh data peserta yang jaminan kesehatannya akan dijamin oleh Baznas Kota Cimahi.

Adapun BPJS Kesehatan Cabang Cimahi memiliki wilayah kerja di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. BPJS Kesehatan Cabang Cimahi optimis, UHC dapat segera tercapai di seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi dengan senantiasa meningkatkan kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan Program JKN-KIS.

“Melalui kerjasama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dan Baznas yang bersifat crowdfunding (donasi) ini, bertujuan agar dana zakat yang dikumpulkan dan dikelola oleh Baznas dapat disalurkan guna pendaftaran program JKN untuk masyarakat tidak mampu, dan menjadi bentuk kepedulian masyarakat untuk saling membantu dan bergotong royong dalam penyelenggaraan JKN-KIS,” tutup Kepala Baznas Kota Cimahi Asep Hilman.

(dh)

 

Loading...

loading...

Feeds

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …