RSUD Ujungberung Akan Pindah ke Gedebage

PINDAH: Pemkot Bandung berencana memindahkan Rumah Sakit Daerah (RSUD) Ujungberung ke kawasan Gedebage.  (foto :IST)

PINDAH: Pemkot Bandung berencana memindahkan Rumah Sakit Daerah (RSUD) Ujungberung ke kawasan Gedebage. (foto :IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemkot Bandung berencana memindahkan Rumah Sakit Daerah (RSUD) Ujungberung ke Gedebage. Tahun ini kemungkinan sudah mulai DED (detail engineering design).


“Kalau semua lancar sesuai dengan jadwal, perkiraan 2023 RSUD sudah bisa digunakan,” ujar Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, kepada wartawan Senin (29/7/2019).

Menurut Ema, pemindahan dan pembangunan RSUD bisa berjalan cepat, lantaran tidak memerlukan pembebasan lahan. Rencananya pemindahan ini dilakukan ke lahan milik pemkot di dekat GBLA. Di sana ada lahan sekitar 20 hektare yang sebelumnya direncanakan untuk membangun PLTSa.

“Daripada lahannya kosong tidak digunakan, lebih baik kita manfaatkan untuk hal lain,” tegasnya.

Yang penting, lanjut Ema, secara aspek tata ruang memungkinkan untuk membangun RSUD di sana. Selain itu, di sana juga direncanakan untuk dibangun kantor arsip, sehingga diharapkan bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Selain itu, Pemkot Bandung juga berencana untuk membuat puskesmas bisa menerima rawat inap.

“Kita hanya bisa meningkatkan kapasitas, kalau untuk membangun gedung baru, agak sulit,” terangnya.

Ema menegaskan, Pemkot Bandung memang harus selalu consern terhadap kebutuhan kesehatan bagi masyarakat Kota Bandung, karena sudah menjadi amanat undang-undang untuk menganggarkan minimal 10 persen dari APBD.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds