5 Jenis Makanan Ini Bisa Merusak Tidur Anda

Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

POJOKBANDUNG.com – Pernahkah Anda mengalami gangguan sulit tidur? Ada beberapa penyebab gangguan ini, salah satunya adalah faktor stres yang bisa membuat Anda gelisah, di mana pikiran Anda tidak bisa tenang meski dalam keadaan tidur. Namun, sebenarnya nih, tidak hanya stres saja yang menjadi penyebab menurunnya kualitas tidur Anda.


Karena apa yang Anda makan sebelum tidur juga bisa memengaruhi kualitas tidur juga. Karena itu, coba perhatikan beberapa makanan berikut yang sebaiknya tidak Anda konsumsi menjelang tidur, seperti dilansir laman MSN, Rabu (24/7).

1. Cokelat hitam

Anda sudah tahu bahwa minum espresso sebelum tidur adalah ide yang buruk, tetapi bagaimana dengan cokelat hitam?

Sisi positifnya, suguhan lezat ini mengandung banyak antioksidan, tetapi juga mengandung kafein.
Semakin gelap warna cokelatnya, maka semakin banyak kafein. Anda sebaiknya menghindari mengonsumsi cokelat hitam empat hingga lima jam sebelum tidur.

2. Sup kalengan

Begini masalahnya, tetap terhidrasi adalah kuncinya. Dehidrasi bisa membuat mulut dan hidung Anda kering, membuatnya lebih mungkin bagi Anda untuk mendengkur — pengganggu tidur utama. Ini juga bisa menyebabkan kram otot, yang bisa menyebabkan Anda terbangun.

Pada malam hari, Anda sebaiknya menghindari makanan tinggi sodium.

Itu berarti membatasi kecap, makanan beku dan makanan olahan. Seperti sup kalengan, keripik, dan kacang asin. Cobalah mengisi pilihan makanan yang melembabkan seperti mentimun, grapefruit, dan semangka.

3. Saus tomat

Saus berbahan dasar tomat dan buah jeruk mengandung banyak asam, yang bisa kembali ke kerongkongan Anda ketika perut Anda mencoba mencernanya.

4. Alkohol

Anda mungkin berpikir bahwa segelas minuman yang mengandung alkohol akan membuat Anda tidur nyenyak, tetapi hal itu sebenarnya justru bisa menghalangi Anda memasuki tahap tidur yang dalam.

Itu karena alkohol membuat Anda lebih mungkin untuk bangun di tengah malam dan bisa juga memperburuk dengkuran.
Jika Anda cenderung memiliki beberapa gelas anggur dengan makan malam Anda dan berjuang untuk mendapatkan kualitas tidur, luangkan satu atau dua minggu dan lihat apakah Anda bangun dengan perasaan lebih tenang.

5. Makanan pedas

Makanan pedas bisa menyebabkan refluks asam, yang benar-benar bisa menjadi lebih buruk jika Anda berbaring tepat setelah makan makanan pedas tersebut.

(fny)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …