Walaupun Sedang Sakit Calon Haji Asal KBB Tetap Berangkat

BERANGKAT: Ratusan jemaah calhaj kloter 56 asal KBB yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Bekasi dari Pusdikav, Jalan Purabaya Padalarang, dilepas Bupati KBB, Aa Umbara, Selasa (23/7/2019).
( IST )

BERANGKAT: Ratusan jemaah calhaj kloter 56 asal KBB yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Bekasi dari Pusdikav, Jalan Purabaya Padalarang, dilepas Bupati KBB, Aa Umbara, Selasa (23/7/2019). ( IST )

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Bupati Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melepas sebanyak 407 jemaah calon haji (Calhaj) kloter 56 asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Bekasi dari Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav), Jalan Purabaya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (23/7/2019).


Pelepasan pemberangkatan jemaah calon haji tersebut langsung dipimpin Kepala Kemenag Kabupaten Bandung Barat, Ahmad Sanukri. Dirinya mengatakan, saat pemberangkatan ada satu orang Calhaj yang sakit dan ada juga lansia yang harus menggunakan kursi roda.

Bagi calhaj yang sakit tetap akan mendapat perawatan terlebih dahulu di Embarkasi Bekasi karena mereka memiliki waktu selama 24 jam untuk beristirahat sebelum berangkat ke tanah suci.

“Kalau yang gagal berangkat tidak ada, hanya saja tadi saya dapat informasi ada satu orang yang sakit, tapi ada jelang waktu disana (Embarkasi Bekasi) mudah-mudahan pemberangkatannya lancar,” ujarnya saat ditemui usai pelepasan calon jemaah haji.

Untuk itu dirinya berharap agar calhaj yang sakit itu kondisinya agar segera membaik dia tetap akan diberangkatkan dengan kloter 56, namun apabila kondisinya belum membaik akan diberangkatkan atay bergabung dengan kloter akhir.

“Kalau sehat nanti bergabung dengan kloter 56 tapi kalau sakitnya berlanjut akan bergabung dengan kloter 66 atau kloter 93 karena ada dua kloter lagi. Total calhaj tahun ini kuotanya 1.129 orang,” katanya.

Sementara bagi calhaj lansia yang menggunakan kursi roda, lanjutnya akan mendapat pendampingan dari petugas medis atau keluarganya yang juga berangkat berhaji pada tahun ini.

“Jumlah jemaah yang berangkat ada 401 ditambah petugas (medis) enam orang, jadi jumlah calhaj yang berangkat kali ini ada 407 orang,” kata Ahmad.

Sementara disinggung untuk daftar tunggu haji di Kabupaten Bandung Barat, kata dia, estimasinya selama 16 tahun dengan jumlah pendaftar kurang lebih sekitar 14 ribu orang, sedangkan yang berangkat tahun ini masa tunggunya hanya tujuh tahun.

Bupati Kabupaten Bandung Barat, Aa Umbara, mengatakan, Calhaj yang berangkat haji tahun ini tersebar di setiap kecamatan dan pemerintah telah memberikan bantuan baik untuk pemberangkatan maupun kepulangannya.

“Mudah-mudahan yang berangkat pada kloter pertama ini bisa menjadi haji yang mabrur, Pemda sudah memambantu pemberangkatan mereka,” katanya.

Kabag Kesra Pemkab Bandung Barat, Asep Hidayatulloh menambahkan, untuk calhaj lansia yang menggunakan kursi roda ataupun yang sakit pihaknya sudah berpesan ke KBIH harus ada penanganan khusus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Hasil pemeriksaan dokter mereka tetap bisa diberangkatkan, tapi tetap harus ada penanganan khusus dan saya juga akan mendampingi mereka agar lebih terkontrol. Untuk bantuan Pemkab kami sudah menyediakan bis dan makan,” tandasnya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …