Daftarkan Orang Tua Menjadi Peserta JKN-KIS Wujud Bakti Seorang Anak

Asep Supaat

Asep Supaat

POJOKBANDUNG.com, KUTAWARINGIN – Menjadi tua itu pasti, namun menjalankan masa tua dengan kondisi badan sehat atau sakit-sakitan adalah sebuah pilihan. Berpikir bahwa umur sudah diatur oleh sang pencipta adalah suatu hal yang wajar, namun alangkah lebih bijak jika kita juga mempersiapkan masa tua sedini mungkin untuk bisa menikmatinya di kemudian hari.


Tentu kita tidak menginginkan anak cucu kita terbebani mengurus orang tua yang sakit-sakitan. Meskipun, sudah menjadi kewajiban bagi anak untuk merawat dan menyayangi orang tua yang sudah mulai renta untuk menikmati sisa-sisa hidupnya. Seperti halnya yang terjadi pada Asep Supaat (61) kini dirinya tinggal di rumah anaknya Ai Saidah Karisma (36) di Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.

Pada saat ditemui, Asep terbaring lemas di kamar tidur, penyakit yang dideritanya berbagai macam, mulai dari tumor di paru-paru yang sudah 1 kali mengalami operasi, penyakit lipoma di bagian paha yang sudah di operasi 1 kali dan kini mulai nampak kembali benjolannya, lalu ginjalnya pun terasa sakit, belum ditambah prostat dan asma.

Saidah hanya bisa pasrah dan ikhlas merawat ayahnya yang sakit. Sudah 2 bulan ini Asep menjalani pengobatan ke rumah sakit untuk selalu di kontrol, sempat sebulan yang lalu di rawat hingga seminggu bermalam di rumah sakit.

Dari kesekian kalinya Asep berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Dari awal berdirinya BPJS Kesehatan Saidah sudah mendaftarkan ayahnya menjadi peserta JKN-KIS di kelas 3 dengan dibiayai oleh Saidah.

“Sebagai bakti seorang anak harus bisa merawat orang tua baik dalam keadaan mereka sehat apalagi dalam kondisi sakit seperti ini, untungnya saya merasa terbantu, semua pengobatan ditanggung BPJS Kesehatan, operasi, dirawat, semua obat-obatan gratis semuanya,” ucap  Saidah.

Asep pun mengutarakan perasaannya pada saat dirawat dengan menggunakan BPJS Kesehatan dirinya dilayani dengan baik, semua petugas membantunya dengan setulus hati.

“Pelayanannya baik sekali, infus habis segera perawat menggantinya dengan sigap, ketika di operasi dokternya baik juga selalu memberikan nasihat-nasihat yang baik, ditambah semuanya menggunakan BPJS Kesehatan, rasa syukur hamba ucapkan kepada Allah SWT yang mana sudah menghadirkan BPJS Kesehatan untuk menolong seperti kita ini,” tutup Asep.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds