Program PPM di Kelurahan Leuwigajah Lancar

ILUSTRASI : Warga melintas memasuki komplek Nusa Persada Rw 13 Kelurahan Leuwigajah.
( IST )

ILUSTRASI : Warga melintas memasuki komplek Nusa Persada Rw 13 Kelurahan Leuwigajah. ( IST )

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemanfaatan dana Rp100 juta per RW di Kelurahan Leuwigajah, rata-rata sudah di atas 50 persen. Sejauh ini, dari 20 RW, 10 diantaranya hampir menyelesaikan realisasi program fisik dengan jatah masing-masing sebesar Rp72,5 juta. Sisa RW lainnya masih dalam tahap pengerjaan, serta ada 2 RW yang sudah selesai 100 persen.


“Untuk fisik itu sudah dilaksanakan, bahkan RW 9, yang melanjutkan pengerjaan pembuatan kantor RW juga sudah selesai, menunggu dilaunching saja,” ujar Lurah Leuwigajah, Uus Saefuloh, saat dihubungi, Minggu (21/7/2019).

Tak hanya membuat kantor RW ataupun renovasi bangunan lainnya, dana fisik yang dialokasikan pemerintah digunakan untuk membuat drainase, penerangan jalan, pengaspalan jalan, pembuatan Posyandu, atau pembuatan fasilitas publik lainnya.

“Untuk drainase misalnya di RW 13, RW 7, RW 20, RW 11. Ada juga RW lain yang membuat lapangan olahraga untuk warganya. Ada juga yang buat Posyandu, tapi biasanya nyatu dengan kantor RW,” tuturnya.

Sedangkan untuk anggaran nonfisik sebesar Rp22,5 juta, digunakan untuk pelaksanaan kegiatan kemasyarakat, seperti perayaan HUT RI, hari besar keagamaan, pengurusan kematian, atau kegiatan lainnya.

“Sekarang sudah mulai banyak yang mengajukan proposal untuk mengadakan HUT RI. Tapi besaran yang nanti dicairkan untuk tiap RW berbeda, dilihat dari sisa, karena kemarin sudah ada yang pakai,” jelasnya.

Bentuk pencairan anggaran nonfisik itu pun tidak dalam bentuk uang cash, namun berupa bantuan untuk pengadaan makan dan minum kegiatan ataupun dekorasi panggung.

“Banyak yang salah paham juga, mikirnya uang. Tapi yang kita kasih berdasarkan Perwalnya itu makan dan minum, jadi kerjasama dengan catering. Nanti direimberse,” tegasnya.

Ketua RW 13, Momon Suparlan, mengatakan anggaran nonfisik sudah digunakan untuk membangun gudang penyimpanan di bawah kantor RW, rencana perbaikan saluran drainase, dan rencana pembuatan sumur artesis.

“Baru gudang saja yang selesai, kalau drainase sama sumur artesis masih tunggu persetujuan konsultan. Inginnya digunakan buat pasang CCTV, tapi ternyata tidak bisa karena tidak termasuk fisik,” katanya.

Untuk nonfisiknya, anggaran yang tersisa rencananya digunakan untuk mengadakan kegiatan HUT RW di wilayah, carnaval HUT RI kelurahan, serta perayaan Tahun Baru Hijriyah.

“Pengajuannya sudah ke Kasi Sarpras di kelurahan, tinggal melihat sisa anggarannya saja. Sudah digunakan, kemarin untuk kegiatan di kelurahan dan keagaman juga,” tandasnya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …

Benefit Day Penuhi Kebutuan Mitra Grabbike

POJOKBANDUNG.com, RIBUAN mitra Grabbike antusias hadiri acara Grab Benefit Day di Miko Mall Kopo Bandung. Dalam kegiatan tersebut, para mitra …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
RI

Legislator PAN, Haerudin Disambut Antusias

POJOKBANDUNG.com,KAB. GARUT  – Tidak sedikit warga berdatangan untuk mengikuti acara Sosialisasi Empat Pilar yang menghadirkan anggota MPR RI dari Fraksi …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …