Dispangtan Kota Cimahi Sebar 27 Petugas untuk Periksa Hewan Kurban

ILUSTRASI : Peternak mengawasi sapi-sapinya yang sedang makan, di Peternakan sapi, Jalan Karya Bakti, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.
( NOPRIYANTO D.W / JOB FOTO 1 )

ILUSTRASI : Peternak mengawasi sapi-sapinya yang sedang makan, di Peternakan sapi, Jalan Karya Bakti, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi. ( NOPRIYANTO D.W / JOB FOTO 1 )

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, menargetkan pemeriksaan terhadap 3000 ekor hewan kurban. Pemeriksaan sapi, domba dan kambing itu, agar masyarakat tidak merasa khawatir ketika hendak berkurban.


Kepala Seksi Peternakan Dispangtan Kota Cimahi, Retno Wulan mengatakan, pemeriksaan hewan kurban akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama akan dilakukan pemeriksaan ke penjual dan ante mortem (sebelum disembelih) akan dilaksanakan tanggal 2-10 Agustus. Sementara pemeriksaan kedua atau pemeriksaan post mortem (setelah disembelih) akan dilaksanakan 11-13 Agustus.

“Untuk memastikan layak atau tidaknya hewan kurban tersebut, kita akan sebar 27 petugas ke 15 kelurahan se-Kota Cimahi,” ujar Retno.

Pemeriksaan terhadap hewan kurban ini, lanjut dia, diawali dengan pemeriksaan kesehatan dan umur hewan agar yang dikurbankan dalam kondisi sehat, tidak cacat, dan cukup umur.

“Kita periksa kesehatan dan umurnya dulu. Kalau yang laik kita kasih tanda sehat dan memenuhi syarat. Jangan sampai ada hewan kurban yang masih muda tapi sudah dikurbankan,” jelasnya.

Dalam pemeriksaan nanti, para petugas sekaligus akan mengingatkan agar sapi betina produktif tidak dijual apalagi sampai disembelih. Sebab dikhawatirkan dapat mempengaruhi produksi dan populasi ternak.

“Kalau yang betina produktif diharapkan tidak dipotong. Jadi diimbaunya langsung ke penjual hewan,” bebernya.

Berdasarkan data pemeriksaan hewan tahun sebelumnya, ada 2.021 ekor hewan kurban yang diperiksa. Rinciannya, 1.473 ekor domba dan 548 ekor sapi. Hasilnya, petugas menemukan 60 ekor domba dan 23 ekor sapi yang belum cukup umur.

Sedangkan dari segi kesehatan, petugas juga menemukan 15 ekor hewan kurban yang sakit. Seperti 11 ekor domba yang terkena pink eye, 2 ekor sapi terkena pink eye, serta 2 ekor domba terkena orf.

“Dari total 2021 hewan kurban yang kita periksa, hanya 1.923 ekor yang mendapatkan tanda sehat sisanya ya tidak laik,” ungkapnya.

Berdasarkan pemeriksaan ante mortem atau 12 jam sebelum disembelih, petugas berhasil menyasar 2.053 ekor hewan kurban. Rinciannya, 941 sapi dan 1.191 domba serta 21 kambing. Hasilnya, ditemukan 71 ekor sapi, 215 domba dan 8 kambing yang belum cukup umur.

“Dan yang sakit domba pink eye 14 ekor, domba orf 4. Kalau lihat dari tahun sebelumnya, kebanyakan hewan berasal dari luar Cimahi. Ada juga dari peternak Cimahi, kebanyakan domba,” tegasnya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …

Benefit Day Penuhi Kebutuan Mitra Grabbike

POJOKBANDUNG.com, RIBUAN mitra Grabbike antusias hadiri acara Grab Benefit Day di Miko Mall Kopo Bandung. Dalam kegiatan tersebut, para mitra …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
RI

Legislator PAN, Haerudin Disambut Antusias

POJOKBANDUNG.com,KAB. GARUT  – Tidak sedikit warga berdatangan untuk mengikuti acara Sosialisasi Empat Pilar yang menghadirkan anggota MPR RI dari Fraksi …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …