Pemkab Benahi Jalan Secara Bertahap

INFRASTRUKTUR : Perbaikan ruas Jalan di desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah sudah mulai dikerjakan.
(foto: MUHAMAD HABIBIE/RADAR BANDUNG)

INFRASTRUKTUR : Perbaikan ruas Jalan di desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah sudah mulai dikerjakan. (foto: MUHAMAD HABIBIE/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat (KBB), sudah mulai mengerjakan perbaikan sejumlah ruas jalan yang kondisinya rusak.

Jalan yang sudah masuk tahap perbaikan yakni Jalur Sarimukti menuju Kertamukti di Kecamatan Cipatat dan Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah.

Kabid Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat, Muhammad Ridwan menjelaskan, anggaran yang digunakan untuk memperbaiki kedua ruas jalan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp11 miliar.

Menurutnya pengerjaan proyek perbaikan dua ruas jalan berstatus jalan kabupaten itu sudah dimulai pada 18 Juni 2019. Untuk ruas Jalan Sarimukti-Kertamukti yang diperbaiki sekitar 5,9 kilometer terdiri dari rigid (beton) dan hotmix (laston).

“Nilai kontrak perbaikan ruas Jalan Sarimukti-Kertamukti sebesar Rp5 miliar lebih. Sejak pengerjaan dilaksanakan pertengahan Juni lalu berjalan lancar, artinya tidak ada kendala teknis maupun non teknis. Harapan saya masyarakat ikut mendukung perbaikan jalan ini supaya berjalan aman dan lancar,” kata Ridwan saat meninjau lokasi perbaikan ruas jalan di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kamis (18/7/2019).

Jika sampai terjadi hambatan di lapangan, bisa mendapat penilaian tidak baik dari Kementerian PUPR. Sehingga akan sulit mendapat DAK di tahun berikutnya.

“Kita berjuang selama setahun untuk mendapatkan DAK. Oleh karena itu saya berharap, jangan sampai di lapangan terjadi hambatan non teknis yang pada akhirnya merugikan semua,” tandasnya.

Sementara di Bojongkoneng, Ridwan mengungkapkan nilai kontrak untuk perbaikan jalan sepanjang 3,7 kilometer mencapai Rp 5,3 miliar. Dari total panjang yang diperbaiki, sekitar 2,2 kilometer berupa pembetonan sisanya hotmix.

“Baik di ruas Jalan Sarimukti-Kertamukti dan Bojongkoneng akan ada pelebaran badan jalan sekitar 1 meter dari eksisting. Bukan hanya badan jalannya yang diperbaiki tapi juga dibuatkan tembok penahan tebing (TPT) sekaligus drainasenya,” ungkap Ridwan.

Diakuinya, DAK untuk infrastruktur jalan di Kabupaten Bandung Barat tahun 2019 menurun dibandingkan tahun 2018 yang mencapai Rp 16 miliar.

“Penurunan DAK bersifat nasional, tidak hanya terbatas Bandung Barat saja. Di pusatnya memang sedang dilakukan efisiensi anggaran. Untuk 2020 kita coba usulkan Rp 20 miliar,” tandasnya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

Meriah, Kompetisi Make Up QL Cosmetic

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Puluhan makeup artist pemula (MUA), profesional dan kalangan umum memeriahkan gelaran kompetisi makeup yang digagas produsen kosmetik terkenal QL …
akhir

RCEP Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia, optimistis dapat merampungkan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Kawasan (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) pada …
undip

Trainer UNDIP Gembleng Ratusan Guru

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dan Dinas Pendidikan dan …
pembangunan

Pembangunan NS-Link Belum Jelas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pembangunan tol dalam kota North South Link (NS-Link) di Kota Bandung tidak jelas keberlanjutannya. Padahal sebelumnya, …
pts

Tel-U Peringkat Pertama PTS di Indonesia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Telkom University (Tel-U) menempati peringkat kesatu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) nasional dalam klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) Indonesia …
sportifitas

Tanamkan Sportifitas Sejak Dini

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sebanyak 16 tim sepak bola tingkat SMP se – Jawa Barat meriahkan Gala Siswa Indonesia (GSI) 2019. …