Tingkatkan Jumlah Kepesertaan, BPJS Ketenagkerjaan Akan Lakukan Promosi Kreatif

Seorang petugas sedang melayani dan memberi informasi seputar kepesertaan

Seorang petugas sedang melayani dan memberi informasi seputar kepesertaan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal mendorong pekerja formal maupun informal menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, sejauh ini tingkat kepesertaan masih tergolong rendah. Padahal, dengan membayar iuran Rp16.800 perbulan, masyarakat bisa mendapat jaminan sosial.


Saat ini pekerja formal di Jawa Barat yang sudah menjadi peserta kurang lebih mencapai 4,6 juta jiwa. Sementara untuk potensi pekerja informal mencapai 10 juta pegawai. Namun yang baru menjadi peserta sekitar 600 ribu-an pekerja. Jika dijumlah secara keseluruhan sekitar 5,4 juta pekerja dari 20 juta pekerja di Jawa Barat.

“Secara umum jumlah kepesertaan masih rendah. Padahal, tinggal bayar Rp16.800, sudah tercover. Nanti kami akan promosi kreatif untuk tingkatkan kepesertaan,” ucap Deputi Direktur Wilayah Jawa Barat, Kuswahyudi, Selasa (16/7/2019).

Promosi kreatif akan dilakukan melalui manfaat tambahan yang diberikan kepada pekerja yang telah menjadi peserta. Selain berbagai jaminan atau pensiunan, inovasi lain yang ingin dihadirkan, misalnya peserta bisa memiliki hunian dan layanan transportasi umum gratis bagi pekerja formal, hingga harga sembako yang terjangkau.

“Tapi khusus yang pekerja formal, kita dorong perusahaan-perusahaan berinvestasi, nanti kami akan bikin sebuah cara agar peserta yang formal bisa punya rumah menjadi prioritas atau rusun, bisa naik kendaraan gratis secara umum,” jelasnya.

Kuswahyudi juga akan mendukung berbagai langkah terobosan yang akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah kesejahteraan para pekerja di Jawa Barat.

“Nantinya kita akan berbuat suatu hal yang terkait dengan bagaimana caranya supaya mereka (pekerja) tertarik menjadi peserta. Manfaat dapat dan hal lainnya dapat melalui kemudahan dan kemurahan,” tutur Kuswahyudi.

Kuswahyudi menuturkan, bahwa semua program di BPJS Ketenagakerjaan baik yang terkait dengan iuran nantinya akan dikembangkan dan akan kembali lagi kepada pekerja.

“Maka dari itu, kita akan buat bagaimana supaya mereka tertarik dengan harga iurannya Rp16.800 dengan jaminan dua, kecelakaan dan kematian. Kalau pensiun ada nilainya lagi,” pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …