POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus bisa memasarkan produknya secara digital. Jika bisa beradaptasi di era industri 4.0, jangkauan pasarnya bisa menembus ke luar negeri.
Di Kota Bandung sedikitnya terdapat 300 ribu pelaku UMKM yang fokus pada industri kreatif antara lain produk fesyen, kecantikan, kerajinan tangan, hingga aneka makanan dan minuman.
Sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan UMKM, JNE menggandeng Kompasiana akan menggelar JNE Kopiwriting, dengan tema “Menentukan Strategi yang Tepat di Pasar Internasional bagi UMKM” yang digelar di One Eighty Coffee, Bandung pada Kamis (18/7/2019).
Deputy GM JNE Hasmeliyani Suseno mengatakan, kegiatan JNE Kopiwriting di Bandung ini merupakan pembuka dari JNE Kopiwriting yang akan diadakan di 6 kota besar di Indonesia mulai dari Bandung, Padang, Banjarmasin, Malang, Yogyakarta, dan Cirebon.
“Pertumbuhan positif ekonomi digital menuntut inovasi dan strategi sebuah instansi atau perusahaan dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Oleh karena itu, JNE pun terus mengembangkan berbagai sektor, agar kebutuhan pengiriman masyarakat dapat terpenuhi di setiap proses dalam aktifitas pengiriman paket,” ungkap Hasmeliyani, Rabu (17/7/2019).
Hasmeliyani mengungkapkan para creator dalam industri kreatif dapat terus mengembangkan produknya tanpa khawatir dengan proses distribusi kiriman karena adanya fulfillment logistic yang telah sukses dikembangkan di JNE Bandung.
Dalam acara tersebut akan hadir Noneng Komara, Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat dan Aditya Rahman, Co Founder NIION yang berbagi cerita dan pengalaman dalam merintis usaha di bidang industri kreatif.
“Strategi yang tidak kalah penting adalah mencari jasa pengiriman logistik yang qualified, ada di seluruh kota bahkan bisa ke ranah internasional, dan mempunyai value yang bagus di mata masyarakat,” ungkap Aditya.
Tak hanya itu, JNE dan Kompasiana juga akan mengadakan JNE Journalist Competition 2019 selama 18 Juli – 13 September 2019 dengan hadiah babak penyisihan uang tunai Rp 5.000.000 dan hadiah utama perjalanan religi untuk 3 pemenang utama. Informasi lebih lengkap kunjungihttp://microsite.kompasiana.com/jne-journalist-competition.