Rangkul Masyarakat Lebih Erat, Pimpinan BPJS Kesehatan Turun Lapangan

SOSIALISASI: Jajaran Direksi dan senior leaders BPJS Kesehatan menyambangi Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Rabu (17/7).

SOSIALISASI: Jajaran Direksi dan senior leaders BPJS Kesehatan menyambangi Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Rabu (17/7).

POJOKBANDUNG.com, PASIRJAMBU Dalam rangka memperingati HUT BPJS Kesehatan yang ke-51, jajaran Direksi dan senior leaders BPJS Kesehatan menyambangi sejumlah wilayah perkampungan di Indonesia salah satunya di Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Selain untuk memantau langsung implementasi JKN-KIS, kunjungan tersebut juga dilakukan guna menjaring aspirasi masyarakat setempat demi menyempurnakan jalannya program jaminan kesehatan sosial.


“Kondisi geografis di Indonesia sangat bervariasi, begitu juga dengan demografi dan latar belakang perekonomian penduduknya. Oleh karena itu, kami ingin mendengar langsung suara masyarakat tentang pelaksanaan JKN-KIS di berbagai tempat, khususnya wilayah perkampungan yang kondisinya cukup berbeda dengan wilayah perkotaan yang aksesnya serba ada,” ungkap Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan Wahyudin Bagenda saat ditemui di Kantor Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Rabu (17/7).

Dalam kunjungan tersebut, BPJS Kesehatan juga menyambangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) setempat yaitu Puskesmas Pasirjambu untuk memastikan pelayanan JKN-KIS berjalan dengan baik. Pembaruan data pada sejumlah kartu peserta JKN-KIS pun dilakukan untuk meningkatkan validitas data.

Tak sampai di situ, para petinggi BPJS Kesehatan pun menyerahkan bantuan peralatan olah raga dan mengajak masyarakat membiasakan perilaku hidup sehat. Wahyudin pun menegaskan bahwa dalam menjaga kesinambungan JKN-KIS, BPJS Kesehatan tak bisa berjalan sendiri melainkan butuh dukungan semua pihak, termasuk masyarakat. Terlebih, saat ini sudah ada lebih dari 222,5 juta jiwa penduduk Indonesia yang tercatat sebagai peserta JKN-KIS.

“Masyarakat punya peran besar untuk mengawal agar Program JKN-KIS bisa terus berjalan, salah satunya dengan menjaga agar yang sehat tetap sehat, dan yang sakit tidak bertambah parah. Sehat itu murah dan mudah,” ucap Wahyudin.

Sementara itu, Kepala BPJS Cabang Soreang, Fahrurozi menuturkan dalam rangka memperingati hari ulang tahun BPJS Kesehatan yang ke-51 pihaknya menggelar kegiatan BPJS Goes to Kampung. Salah satu kegiatannya adalah mendatangkan mobil customer service (CS) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di kawasan Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

“Banyaknya pertanyaan terkait dengan data yang salah dan sebagainya, kita sudah memberikan solusi perbaikan data seperti dengan mobil customer service yang disebut dengan kegiatan jemput bola,” jelasnya.

Untuk melakukan hal tersebut, Fahrurozi menekankan kepada warga untuk melakukan pendataan terkait dengan kesalahan dan siapa saja yang ingin mendaftar sebagai peserta baru BPJS Kesehatan. Nantinya setelah ada permintaan kantor desa, maka dalam 2-3 hari akan ditindaklanjuti.

“Kita mengimbau untuk masyarakat tidak datang di kantor karena antreannya cukup banyak. Kita mengimbau kepada masyarakat kita mengkolektifkan per desa, jadi kita akan datang. Kalau seandainya ada permintaan dari kantor desa hari ini, Insyaallah dua atau tiga hari ke depan akan turun ke desa untuk bersama dengan mobil customer service,” pungkas Fahrurozi.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …

Uji Kompetensi, Upaya Menjaga Kualitas Wartawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pertumbuhan anggota organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terus meningkat. Para pengurus berharap kuantitas anggota yang ada berbanding …