Janji Tak ‘Nakal’ Lagi, Setnov Dipulangkan ke Sukamiskin

Terpidana kasus korupsi Setya Novanto kembali berulah. Dia kembali keluar lapas untuk pelesiran. Usai dipindah ke Lapas Teroris Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Novanto berjanji tak mengulani perbuatan 'nakalnya' itu. Ia pun dikembalikan ke Sukamiskin.

Terpidana kasus korupsi Setya Novanto kembali berulah. Dia kembali keluar lapas untuk pelesiran. Usai dipindah ke Lapas Teroris Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Novanto berjanji tak mengulani perbuatan 'nakalnya' itu. Ia pun dikembalikan ke Sukamiskin.

POJOKBANDUNG.com – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membenarkan terpidana kasus megakorupsi Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) Setya Novanto (Setnov) telah keluar dari rumah tahanan (rutan) Gunung Sindur, pada Minggu (14/7). Novanto dipulangkan ke Lapas Sukamiskin berdasarkan keputusan Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat.


“Setnov telah dipindahkan dari Rutan Klas II B Gunung Sindur ke Lapas Kelas I Sukamiskin untuk kepentingan pembinaan,” kata Kabag Humas Ditjen PAS Kemenkumham, Ade Kusmanto dalam keterangannya, Selasa (16/7).

Ade menuturkan, mantan Ketua DPR RI itu telah menjalani hukuman disiplin setelah ketahuan pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung, pada Jumat (14/6) malam. Menurutnya, Novanto telah memenuhi syarat substantif untuk kembali menghuni Lapas Klas I Sukamiskin.

“Setnov telah menunjukkan itikad baik dan adanya perubahan prilaku, menyatakan kesanggupan tidak mengulangi perbuatannya,” ucap Ade.

Ade menuturkan, pertimbangan tersebut beradasarkan hasil penelitian kemasyarakatan (Litmas) oleh pembimbing kemasyarakatan dari Bapas Kelas II Bogor. Selain itu, hal ini juga berdasarkan rekomendasi dari sidang tim pengamat pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar.

“Atas dasar itu menyetujui pemindahan Setnov dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Klas I Sukamiskin,” tegasnya.

Sebelumnya, Setya Novanto terpergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung, pada Jumat (14/6) malam, setelah ia dirawat beberapa hari di rumah sakit. Fotonya yang tengah pelesiran bersama sang istri tersebar viral di media sosial, hingga membuat Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Liberti Sitinjak untuk bertindak.

Di malam yang sama, mantan Ketum Golkar itu langsung dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Pemindahan itu dipandang sebagai hukuman yang pantas untuk kenakalan Novanto, karena Rutan Gunung Sindur dikenal memiliki pengawasan yang sangat ketat.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Semakin Padu dengan Duet Anyar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satu bulan bergabung dengan Persib Bandung, Wander Luiz mengaku adaptasi bersama tim sudah semakin baik. Itu terbukti …

Penagih Hutang Dihajar Gas Melon

POJOKBANDUNG.com, CIWIDEY – Karena malu ditagih hutang, seorang ibu rumah tangga diduga melakukan penganiayaan dengan cara memukul penagih dengan tabung …

Pemkot Rumuskan 13 Fokus Pembangunan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan fokus pada 13 agenda pembangunan diberbagai sektor pada 2021. Agenda tersebut sejalan …

Pemerintah Desa Pager Wangi Tidak Tegas

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Rencana pembangunan wisata waterboom, di Kawasan Gunung Batu, Kecamatan Lembang, ancam ketenangan warga. Selain itu, jalur Sesar …

Masih Diperlukan Banyak Perbaikan Latihan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemain muda Persib, Mario Jardel mendapat kesempatan tampil penuh pada laga persahabatan kontra Persis Solo di Stadion …