‘Keukeuh’ Tolak Revitalisasi Pasar Purwadadi Subang

ORASI : Pedagang Pasar Purwadadi Subang berorasi saat unjuk rasa di Kantor Pemerintahan Kabupaten Subang, Jalan Dewi Sartika, Senin (15/7/2019).
(foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

ORASI : Pedagang Pasar Purwadadi Subang berorasi saat unjuk rasa di Kantor Pemerintahan Kabupaten Subang, Jalan Dewi Sartika, Senin (15/7/2019). (foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puluhan pedagang Pasar Purwadadi Subang kembali melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Pemerintahan Kabupaten Subang, Jalan Dewi Sartika, Senin (15/7/2019).


Dalam aksi yang ketiga kalinya ini, para pedagang ‘keukeuh’ menolak revitalisasi Pasar Purwadadi yang akan dikerjasamakan dengan pihak pengembang karena tidak adanya dokumen-dokumen yang jelas yang dipegang oleh pihak pengembang untuk kepastian atau legal stending yang dimilikinya.

“Tuntutan kami tetap, yakni meminta dan mendesak kepada bupati Subang untuk membatalkan rencana revitalisasi Pasar Purwadadi dan perjanjian kerjasama antara Pemda dengan PT Bangun Bina Persada, untuk dievaluasi total,”  kata Yadi Koordinator Aksi.

“Atau jangan dilaksanakan sama sekali, mengingat di lapangan banyak ketimpangan terhadap perundang-undangan hukum yang tidak di tempuh dari pihak pemerintah maupun dari pihak pengembang,” sambungnya.

Menurut Yadi, bagai mana ini bisa dilakukan ketika perundang-undangan ini banyak di tabrak. Berdasarkan Undang-undang no. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan Lingkungan Hidup itu wajib amdal UKLUPL untuk ditempuh.

“Bilamana itu tidak ditempuh maka itu batal demi hukum, amdal dan UKLUPL ini sarat mutlak untuk diterbitkannya izin kemudian sarat mutlak untuk di terbitkannya IMB, maka dengan ini bupati harus mengevaluasi total ini,” katanya.

Saat ini menurut Yadi, dengan adanya revitalisasi yang dikerjakan oleh pihak ketiga dinilai tidak pas untuk para pedagang Pasar Purwadadi disaat adanya gempuran toko-toko modern dan adanya pasar-pasar malam.

“Ini sangat mengurangi omset penghasilan para pedagang pasar yang menjadi keberatan kita mereka tidak menempuh secara benar,” katanya.

Massa pedagang pasar menilai dengan dilaksanakan revitalisasi yang dilakukan oleh pihak pengembang akan membuat susah para pedagang.

“Seharusnya pasar itu direvitalisasi oleh pemerintah, ini malah oleh pihak pengembang dan tidak mengenai aturan pemerintah maupun pengembang tidak menempuhnya perundang-undangan. Itu tentunya merugikan kita,” katanya.

Selain itu, para pedagang juga meminta dan mendesak bupati Kabupaten Subang untuk mengambil langkah interpelasi kepada dinas instansi terkait atas rencana revitalisasi Pasar Purwadadi tersebut.

“Selain itu, kita juga meminta dan mendesak bupati untuk melakukan pengawasan kepada dinas instansi terkait atas kebijakan revitalisasi Pasar Purwadadi tersebut,” tegas Yadi.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …

Uji Kompetensi, Upaya Menjaga Kualitas Wartawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pertumbuhan anggota organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terus meningkat. Para pengurus berharap kuantitas anggota yang ada berbanding …