Perda KTR Tak Pengaruhi Pasar Tembaku

MEMETIK: Seorang petani sedang daun tembakau. Adanya Perda Kawasan Tanpa Rokok tak berpengaruh terhadap pasar tembakau, sebab komoditi tembakau tidak selalu berhubungan dengan industri rokok
(Foto: IST)

MEMETIK: Seorang petani sedang daun tembakau. Adanya Perda Kawasan Tanpa Rokok tak berpengaruh terhadap pasar tembakau, sebab komoditi tembakau tidak selalu berhubungan dengan industri rokok (Foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memiliki Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang sudah ketuk palu pada 21 Maret 2019.
Perda tersebut jadi upaya melaksanakan ketentuan pasal 52 Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.


Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dody Firman Nugraha mengatakan dengan adanya sejumlah peraturan tersebut tidak berpengaruh kepada keberlangsungan komoditi tembakau di Jabar.

“Tidak ada pengaruh karena pasarnya sudah jelas. Pasarnya bukan hanya untuk rokok saja untuk tembakau yang dihasilkan oleh petani Jabar. Jadi mereka punya pasar sendiri kalau pun ada pembatasan soal rokok,” ujar Dody, kemarin.

Sedikitnya ada 12 daerah di Jabar sebagai sentra penghasil tembakau, yaitu Bandung, Bandung Barat, Ciamis, Cianjur, Garut, Kota Tasikmalaya, Tasikmalaya, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Subang dan Sumedang. Berdasarkan data 2017 lalu, Dody sampaikan, untuk komoditi tembakau terdapat 10.106 hektare luas lahan perkebunan dan menghasilkan 8.498 ton atau rata-rata 910 kilogram per hektare.

Dody tak menampik, jumlah tersebut memang masih di bawah provinsi penghasil tembakau lainnya, sebut saja Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Tengah (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun secara kualitas, tembakau Jabar boleh diadu.

“Jadi kalau memang kualitas tembakau NTT atau NTB ingin bagus harus dicampur dengan tembakau kita, maka harganya naik,” katanya.

Kualitas tembakau di Jabar, menurut dia, tak terlepas dari para petani di Jabar yang sangat telaten dalam memperlakukan pohon tembakau dari mulai produksi hingga proses panen. Terlebih, Jabar pun memiliki karakter tanah dan varietas tembakau yang unggul.

“Varietas ya berpengaruh juga tapi kalau dengan perlakuan tanpa ada sentuhan teknologi nggak akan optimal,” kata dia.

Dengan adanya sejumlah peraturan mengenai rokok, menurutnya, tidak memberikan pengaruh besar terhadap keberlangsungan petani tembakau di Jabar. Mengingat, komoditi tembakau tidak melulu digunakan untuk industri rokok.

“Jangan berpikir tembakau hanya untuk rokok, untuk parfum, obat juga. Bahkan minyak tembakau ini harganya mahal,” katanya.

Hanya saja, dia tak menampik, akses jalan produksi menuju perkebunan tak terkecuali tembakau rata-rata tidak mulus dan perlu ada perbaikan. Menurut Dody, kondisi ini tak berbeda jauh dengan yang dialami oleh sektor peternakan maupun pertanian.

“Apakah di pertanian tanaman pangan ataupun peternakan akses jalan biasanya ke kawasan produksi itu perlu perbaikan. Tapi enggak semua juga,” pungkasnya.

(arh/net)

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
RI

Legislator PAN, Haerudin Disambut Antusias

POJOKBANDUNG.com,KAB. GARUT  – Tidak sedikit warga berdatangan untuk mengikuti acara Sosialisasi Empat Pilar yang menghadirkan anggota MPR RI dari Fraksi …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …