Masjid Lautze 2 Dapat Wakaf Rp150 Juta

SIMBOLIS: Penyerahan wakaf tahap pertama secara simbolis dilakukan Badan Wakaf Salaman ITB kepada Yayasan Masjid Lautze 2.
(foto: IST)

SIMBOLIS: Penyerahan wakaf tahap pertama secara simbolis dilakukan Badan Wakaf Salaman ITB kepada Yayasan Masjid Lautze 2. (foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perluasan lahan baru Masjid Lautze 2 masih berlanjut, dengan bantuan dana Badan Wakaf Salman ITB sebesar Rp150 juta.


Bantuan yang diberikan tak hanya untuk proses pembangunan, melainkan beragam kegiatan untuk pembinaan para mualaf.

“Dana yang kami salurkan dikumpulkan selama sebulan lebih. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa kami memberikan komitmen nyata dengan kontribusi dalam pembangunan masjid,” ujar Direktur Badan Wakaf Salman ITB, Khizran Nazar Noe’man kepada wartawan, kemarin.

Khizran menjelaskan, bantuan yang diberikan merupakan tahap pertama dari total bantuan yang akan diberikan. Direncananya dana yang akan disalurkan sekitar Rp500 juta.

Sementara itu, Pembina Yayasan Masjid Lautze 3, Hernawan menjelaskan, pembangunan perluasan tanah dimaksudkan untuk penunjang fasilitas ibadah masyarakat sekitar. Mengingat, tempat yang kini hanya mampu menampung 70 jamaah seringkali dibanjiri jamaah yang ingin sholat Jumat hingga 300 orang, tak hanya pihaknya melakukan penutupan jalur.

“Masjid ini sudah melakukan renovasi tiga kali yakni 2004, 2007 dan 2012. Untuk peluasan selama tiga kali tahap renovasi itu tidak ada perubahan secara signifikan,” ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, di 2012 pengawasan pembangunan masjid dengan luas 700 meter lebih harus ada pembebasan lahan 270 meter persegi dari luas tanah yang ada.

“Kalau digabungkan dengan bangunan sekarang hampir 1.000 meter, jadi kami rasa akan cukup untuk menampung ratusan jamaah tanpa perlu lagi melakukan penutupan jalur,” imbuhnya.

Selain itu, direncanakan Masjid Lautze 2 akan dibangun 3 tingkat diantara lantai satu sebagai basement, lantai dua aula dan lantai tiga untuk tempat beriadah. Sementara, untuk bangunan Masjid Lautze saat ini akan dijadikan sebagai tempat khusus pembinaan dan cafe.

“Masjid Lautze 2 ini berperan untuk pusat informasi Islam bagi warga Tionghoa, baik yang sudah menjadi muslim ataupun yang sedang memperbaharui Islam, karena biasanya mereka yang mualaf perekonomian sudah otomatis turun drastis, jadi kami lakukan pembinaan hingga mereka kembali menjadi stabil baik mental hingga finansialnya,” pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …