Kembali ‘Naik Daun’, Budidaya Ikan Cupang Dinilai Menjanjikan

EKONOMI : Pengunjung mengamati ikan cupang jenis giant saat gelaran kontes cupang di Pendopo DPRD Kota Cimahi Jalan Djulaeha Karmita.
(foto: NOPRIYANTO D.W / JOB FOTO 1)

EKONOMI : Pengunjung mengamati ikan cupang jenis giant saat gelaran kontes cupang di Pendopo DPRD Kota Cimahi Jalan Djulaeha Karmita. (foto: NOPRIYANTO D.W / JOB FOTO 1)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Budidaya atau ternak ikan hias jenis cupang diyakini mampu meningkatkan perekonomian karena belakangan kembali naik daun.


Berbeda dengan jenis ikan hias lainnya, ikan cupang memiliki segala kemudahan proses pemeliharaan. Modal awal untuk pembudidayaan pun tidak besar.

Menurut Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Dedy Arief Hendriyanto, budidaya ikan cupang bisa dijadikan suatu peluang usaha baru karena pemeliharaannya tidak terlalu memerlukan lahan yang luas untuk mengembangbiakkan ikan.

“Cukup dengan toples atau di dalam aquarium saja. Jadi sebenarnya ini potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Untuk modalnya saja tidak terlalu mahal,” ujar Deddy saat ditemui disela-sela kontes ikan cupang di DPRD Kota Cimahi, Minggu (14/7/2019).

Saat ini, harga paling mahal ikan cupang yang pernah diekspor melalui BKIPM mencapai harga Rp5 juta, untuk anakan. Sedangkan yang sudah besar harganya bisa lebih mahal lagi.

“Sekarang yang paling bagus jenis marbell (nemo koi) perekor Rp500 ribu untuk anakan. Bisa dijual sampai Rp2 juta. Ada juga jenis Crowntail, harganya Rp700 ribu untuk anakan. Kalau yang size M bisa lebih dari Rp2 juta, bahkan bisa Rp3 juta. Penjualan kan bisa online, atau melalui BKPIM dan komunitas beta,” jelasnya.

Berdasarkan catatan BKIPM, di Cimahi sendiri ada sekitar 50 orang eksportir ikan cupang, uang rata-rata bisa 200 kali ekspor dalam sebulan.

“Kalau misalnya 50 saja yang diekspor, dengan kualitas biasa harganya Rp500 ribu, untungnya sudah sangat besar. Apalagi kalau ikannya yang sudah menang kontes, atau kualitas anakan yang bagus, keuntungannya lebih meningkat lagi,” jelasnya.

Salah seorang penghobi ikan cupang, Ferry Luhur mengaku, budidaya ikan cupang sangat menjanjikan. dirinya sudah menggeluti hobi dan budidaya ikan cupang sejak 2014.

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …

Uji Kompetensi, Upaya Menjaga Kualitas Wartawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pertumbuhan anggota organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terus meningkat. Para pengurus berharap kuantitas anggota yang ada berbanding …