Tanamkan Prinsip Menjaga Lingkungan Melalui Kemah Keluarga “Haneut Moyan”

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Prinsip menjaga dan peduli terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada anak sedini mungkin. Cara membangun kesadaran itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya berkemah.

Hal inilah yang mendasari Anak Kali Citarum Foundation menggelar kegiatan kemah keluarga bertajuk “Haneut Moyan” di Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Kesadaran dalam pelestarian alam, terutama dalam mengatasi persoalan sampah menjadi fokus dalam kegiatan tersebut. Perilaku pencemaran dari sampah berefek negatif pada makhluk hidup. Contohnya, Paus Sperma di Wakatobi mati karena makan sampah plastik.

“Peserta juga tidak boleh membawa makanan dan minuman berkemasan sekali pakai,” ujar Sesepuh Anak Kali Citarum, Dedi Barnadi, Minggu (14/7/2019).

Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari, mulai Sabtu (13/7) hingga Minggu (14/7), para peserta diwajibkan membawa donasi berupa buku sebagai syarat mengikuti kegiatan ini. Buku hasil donasi tersebut akan dibagikan kepada anak-anak sekolah di sekitar lokasi kegiatan.

Dedi melanjutkan, Haneut Moyan yang digelar untuk ketiga kalinya ini merupakan kemah keluarga gerakan lingkungan hidup dan diikuti sekitar 550 peserta anggota komunitas dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia.

“Target acara ini sebenarnya adalah bagaimana memberikan edukasi terhadap anak anak sebagai generasi penerus, agar menjadi manusia yang benar-benar bisa menjaga alamnya,” terang Dedi.

Seluruh peserta juga mengikuti diskusi lingkungan yang membahas persoalan sampah di Indonesia bersama narasumber yang juga aktivis lingkungan Dadang Sudarja.

“Acara puncak Hanet Moyan digelar pada pagi hari, saat matahari terbit, dimana musisi peduli lingkungan Budi Cilok membawakan beberapa lagu bertema lingkungan dan dilanjutkan dengan melepas burung dan menebar ikan oleh anak-anak untuk memperbaiki ekosistem lingkungan tempat acara,” bebernya.

Loading...

loading...

Feeds

dinkes

Dinkes Bandung Utamakan Kualitas Puskesmas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas Puskesmas. “Untuk kondisi sekarang, yang penting bagi …
sukabumi

Pick-Up Colt L300 Dominasi Sukabumi

POJOKBANDUNG.com, PT SRIKANDI Diamond Cemerlang Motors dealer Mitsubishi Wilayah Sukabumi, didukung PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Distributor …
dpd

DPD KNPI Kota Bandung Gelar Orientasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peringati hari kemerdekaan Republik Indonesia, DPD KNPI Kota Bandung menggelar orientasi 210 peserta di salah satu pusat pendidikan …
kodim

Kemarau, Kodim 0605 Subang Bantu Petani

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kodim 0605/Subang telah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi musim kemarau panjang. Salah satunya adalah dengan melakukan pengawalan …
zurich

Zurich Luncurkan Asuransi Kelas Dunia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Zurich Indonesia meluncurkan produk asuransi penyakit kritis terbaru Zurich Critical Advantage (ZCA) dengan manfaat utama perawatan medis …
perdamaian

MWA Unpad Belum Ajukan Perdamaian

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tim Pengacara calon rektor (carek) Unpad, Prof Atip Latipulhayat, mengakui belum mendapat ajakan perdamaian secara serius dari Majelis …