Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung Gelar Bazar Pertanian 2019

Bazar pertanian 2019 yang di gelar oleh Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Bandung Dalam memperingati bulan bakti pertanian ke 142 kementrian pertanian (Kementan) di kantor SKP Kelas I Bandung, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Minggu (7/6/2019).

Bazar pertanian 2019 yang di gelar oleh Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Bandung Dalam memperingati bulan bakti pertanian ke 142 kementrian pertanian (Kementan) di kantor SKP Kelas I Bandung, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Minggu (7/6/2019).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam memperingati bulan bakti pertanian ke 142 kementrian pertanian (Kementan), Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Bandung gelar bazar pertanian 2019. Terdapat 15 pelaku usaha dalam bidang pertanian dipamerkan di kantor SKP Kelas I Bandung, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Minggu (7/6/2019).


Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama, SKP Kelas I Kota Bandung dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat serta Bank mandiri.

Kepala Kantor Karantina pertanian bandung, Iyus hidayat menyampaikan, kegiatan bulan bakti tersebut tidak hanya terselenggaranya bazar pertanian, melainkan ada beberapa acara lain untuk mendorong produk pertanian sekaligus pelaku pertanian.

“Ada serangkaian acara lain, seperti kegiatan akselerasi ekspor, kegiatan sosialisasi dan senang agro gemilang,”ujar Iyus.

Iyus mengatakan, dalam mendorong produk pertanian, SKP Kelas I Kota Bandung juga melaksankan akselerasi ekspor kepada para petani manggis di kecamatan puspahiang, kabupaten Tasikmalaya. Hal tersebut dilaksanakan menurutnya, agar para petani bisa merasakan peran SKP Kelas I Kota Bandung.

“Alhamdulilah pada hari ini dan seterusnya mungkin ada beberapa petani yang kita dorong menjadi eksportir,”ungkapnya.

Iyus menambahkan, langkah kedepannya, kemungkinan serangakaian acara bazar tersebut akan digelar beberapa kali dalam satu tahun.

“Mungkin nanti sekitar dalam satu tahun beberapa kali, nanti tidak hanya tahun ini saja,”jelasnya.

Ditempat sama, Kepala Seksi, (Kasi) pasca panen holtikultura, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Cakrawati mengatakan, selain mendukung kegiatan tersebut dengan menghadirkan beberapa petani dari jawa barat, pihaknya mengakui kerap mengadakan kegiatan serupa setiap hari jumat.

“kami selalu mengadakan ini tidak hanya pada tahun ini saja, hari jumat minggu pertama setiap bulan ini rutin kami adakan,”ujar Cakrawati.

Dalam bazar Pertanian 2019 kali ini, Cakrawati menjelaskan, terdapat belasan warga binaan petani Jawa Barat yang memeriahkan, dari belasan petani tersebut diantaranya ada pelaku pertanian bagian olahan dan pelaku pertanian segar.

“Kami punya binaaan ini tersebar di kabupaten/kota, ada asosiasi petani juga ada,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Cakrawati mengatakan, dalam kegiatan Bazar Pertanian kali ini terdapat 15 pelaku usaha dan di datangkan dari delapan kabupaten/kota, semua pelaku pertanian yang didatangkan tidak hanya dari Kota Bandung.

“Ada petani beras dari kerawang, kabupaten bandung dan ada petani bawang merah dari cimenyan, kabupaten bandung dana beberapa yang lain,”pungkasnya.

(zis)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …