Panitia PPDB 2019 Bantah Tidak Transparan

ANTRE: Sejumlah orang tua siswa antre saat Pendaftaran Penerimaan Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMA-SMK di SMA Negeri 2 Bandung, Kota Bandung, Senin (17/6/2019). 
( foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

ANTRE: Sejumlah orang tua siswa antre saat Pendaftaran Penerimaan Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMA-SMK di SMA Negeri 2 Bandung, Kota Bandung, Senin (17/6/2019). ( foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mengkalim sistem transparasi hasil PPDB 2019 sudah disampaikan sesuai aturan. Pernyataan itu menyusul tudingan Komisi Informasi Provinsi (KIP) dan Tim Monitoring Independen PPDB Jawa Barat ihwal kurang transparan menginformasikan hasil PPDB.

Panitia PPDB 2019 Jawa Barat, Edy Purwanto menyampaikan, pada dasarnya situs online yang digunakan untuk melihat hasil PPDB 2019 bukan data resmi. Menurutnya, data yang lengkap tentang hasil PPDB 2019 berada di sekolah.

“Dalam situs itu hanya menyampaikan data nama-nama calon peserta didik (cadik) yang diterima di sekolah saja,”ujar Edy saat ditemui di Kantor Disdik Jawa Barat, Jalan Dr. Rajiman, Kota Bandung, Selasa (2/6/2019).

Edy mengatakan, tidak dipaparkan semua data dari cadik yang lolos di sekolah masing-masing pada situs PPDB 2019, diyakininya, tidak akan ada data yang ditutup-tutupi oleh Disdik Jawa Barat.

“Cadik mendaftar di sekolah, jadi informasi detailnya ada di sekolah,”ungkapnya.

Edy menambahkan, jika semua informasi cadik dipaparkan secara detail melalui situs PPDB 2019, ditakutkannya ada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

“Bisa jadi problem besar jika alamat lengkap disampaikan dalam situs itu nanti ada yang merasa dirugikan,”ucapnya.

Lebih lanjut, Edy mengatakan, Disdik Jabar sampai saat ini sudah bersifat transparan. Hal tersebut menurutnya sudah terbukti ditemukannya cadik yang mempunyai alamat ganda yang hendak mendaftar di salah satu SMA Negeri Kota Bandung.

“Temuan KK ganda cadik saja bisa terkontrol, itu kan sistem kita yang sangat transparan,”tuturnya.

Edy menegaskan, seluruh hasil PPDB tidak bisa dilihat secara lengkap melalui situs, akan tetapi bisa mengecek langsung melalui sekolah yang sebelumnya menjadi pilihan masing-masing cadik.

“Sistem itu bukan hasil resmi, resminya tetep ada di sekolah, makannya hanya ditampilkan nama-nama saja, silahkan di cek semua datanya lengkap ada di sekolah,”kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat soroti situs Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Situs itu dinilai belum transparan kepada masyarakat karena belum memenuhi keperluan informasi seputar hasil PPDB 2019 se-Jawa Barat.

Sebagaimana diketahui, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, telah umumkan hasil PPDB 2019 SMA/SMK se-Jawa Barat melalui situs www.ppdb.disdik.jabarprov.go.id pada Sabtu (29/6/2019).

Dalam pantauan situs tersebut, terdapat beberapa menu untuk di akses peserta didik baru. Ketika ditelusuri, pada sub menu hasil seleksi, tertera daftar peserta didik yang lolos. Namun dalam daftar tersebut tidak disertakan infomasi mendalam, seperti keterangan domisili dan skor kelulusan.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jabar, Dan Satriana menyampaikan, berdasarkan teknis penyampaian informasi, Disdik Jabar secara prosedur sudah tepat waktu. Namun, menurutnya situs yang disediakan tidak mendorong publik untuk melakukan pengawasan.

Dan menjelaskan, ketidakterbukaan informasi berdampak pada masyarakat yang tidak bisa mengoreksi, bahwa faktor-faktor apa saja yang membuat anaknya tidak lolos dari peserta lainnya.

Dan menambahkan, sudah seharusnya Disdik Jabar memberi keterbukaan terhadap masyarakat, mengingat hal tersebut, dikatakan dia, dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Disdik Jabar.

Lebih lanjut, Dan mengatakan, dalam waktu dekat ini Disdik Jabar bisa memberikan dua informasi untuk masyarakat. Pertama berisi mengenai skor yang dapat diakses oleh publik. Selanjutnya, kata Dan, berisi informasi yang lebih rinci soal informasi mengenai peserta didik yang diterima.

Senada dengan Dan, Koordinator Kajian Tim Monitoring Independen (TIM) PPDB Jawa Barat 2019, Iwan Hernawan menyayangkan, atas ketidakmunculnya data detail cadik pada PPDB online Jabar. Menurutnya, hal itu sangat menyulikan orangtua cadik dalam melihat Passinggrade sekolah disetiap jalurnya. Sehingga, kata dia, orangtua murid tidak mengetahui posisi anaknya dalam satu jalur pilihan dan atas dasar apa tidak diterima.

Iwan menjelaskan, aturan tersebut padahal sudah jelas ada dalam Pergub Jabar nomor 16 2018 tentang PPDB Jabar. Dimana dijelaskan semua informasi harus ada keterbukaan untuk publik. Terdapat juga Pasal 5 ayat (1) huruf c jelas disebutkan Prinsip PPDB adalah Transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan Peserta Didik bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh
masyarakat termasuk orang tua siswa.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

bijb

Tiket Bus Cimahi-BIJB Masih Gratis

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Empat unit bus Damri yang melayani rute Kota Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi. …

Polri Wujudkan Kepedulian Lingkungan

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Perwira Sespimma Polri angkatan 62 melakukan bakti sosial bedah rumah. Kegiatan sosial tersebut merupakan salah satu bentuk …
tmb

Bus TMB Akan Tambah Rute

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan menambah rute Trans Metro Bandung (TMB) yaitu Koridor 5, Antapani-Stasiun Hall. …
citatah

Citatah Siap Jadi Geopark Nasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan kawasan Citatah bisa menjadi Geopark Nasional pada 2020. Bahkan, menjadi salah …
bijb

Dua Maskapai Tinggalkan BIJB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) ditinggalkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink karena sepi penumpang. Gubernur Jawa …
lintas

Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat 189 Persen

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Intensitas kecelakaan lalu lintas yang hampir setiap hari terjadi menyebabkan lebih banyak menelan korban daripada bencana alam …
kebakaran

Korban Kebakaran Minta Bantuan Pemkab

POJOKBANDUNG.com, CIPATAT – Bencana kebakaran yang menimpa sentra oleh-oleh Peyeum Bandung di Jalan Nasional Bandung-Cianjur, Kampung Tagogmunding RT05 RW08 Desa …
sungai

Dua Jam, Sampah Sungai di Daerah Subang Bersih

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Mengajak masyarakat peduli lingkungan, para pegiat lingkungan bersih-bersih sungai. Sasaran yang menjadi fokus kegiatan ini adalah sungai …