Yana Malu Jika Penataan PKL Cicadas Gagal

MENERANGKAN: Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana menerangkan konsep penataan PKL Cicadas, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bandung. (foto : IST)

MENERANGKAN: Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana menerangkan konsep penataan PKL Cicadas, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bandung. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya menyelesaikan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas. Sejumlah perusahaanpun menyatakan kesiapannya menggulirkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).


Ketua Tim Satgasus Penataan PKL Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan,
saat ini penataan PKL Cicadas sudah menemukan perusahaan yang mau memberikan CSR. Yana mengakui, penyelesaikan penataan ini butuh waktu lama, dimulai dari awal masa jabatannya dan akhir masa anggaran.

“Prosesnya bertahap,” ucap Yana, Senin (1/7/2019).

Yana menyebut, secara perlahan penataan PKL Cicadas mulai menemukan titik terang. Sekarang, sambung dia, pasca-perusahaan melakukan RUPS dan beberapa pembahasan keuangan, mereka satu per satu menawarkan diri untuk memberikan CSR.

“Sudah ada perusahaan yang siap gulirkan CSR, salah satunya Telkomsel,” ujarnya.

Menurut Yana, Telkomsel bersedia menyediakan ruang dagang bagi 602 pedagang Cicadas. Telkomsel juga tengah membahas mengenai design-nya. Berdasarkan rencana, atap tenda bagi para pedagang akan terbuat dari membran. Namun, hal itu kemungkinan dirunah karena dikhawatirkan cepat rusak.

“Selain itu CSR juga akan berbentuk penyiapan tenda dan meja. Kalau kami, sebagai penerima manfaat terserah pemberi CSR saja, bagaimana baiknya, yang jelas design umumnya sudah dibuatkan untuk detailnya, silahkan saja diatur,” beber Yana.

Secara pribadi, Yana mengaku penataan PKL Cicadas ini seperti hutang. Pasalnya, Yana menghadiri langsung syukuran para PKL ketika mengetahui akan ditata.

“Jadi saya malu kalau sampai ini tidak selesai,” tambahnya.

Kendati menerima bantuan penuh, Yana memastikan Pemkot Bandung tetap akan memperhatikan regulasi, seperti adanya promosi merek dagang. Oleh karenanya, Pemkot Bandung akan menghitung perihal retribusi pajak yang harus dibayarkan oleh Telkomsel.

“Ada branding coorporate-nya tapi nanti kita kaji lagi. Kita hitung pajaknya, kalau mereka bangun dulu mungkin ada keringanannya,” jelasnya.

Disinggung kapan waktu penyelesaian PKL Cicadas, Yana mengatakan harapannya, akan selesai akhir Juli ini.

“Ya mungkin pengerjaannya bisa satu ruas demi satu ruas. Tapi kalau saya lihat progresnya sekarang, mudah-mudahan minggu depan sudah mengerjakan pengadaan tenda,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds