PPDB 2019 Dinilai Tidak Transparan

MELIHAT: Orangtua siswa melihat peta zonasi saat sosialisasi dan simulasi Pendaftaran Penerimaan Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMA-SMK di Gedung SMA Negeri 9 Bandung, Kota Bandung, Jumat (14/6/2019). (foto : TAOFIK ACHAMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

MELIHAT: Orangtua siswa melihat peta zonasi saat sosialisasi dan simulasi Pendaftaran Penerimaan Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMA-SMK di Gedung SMA Negeri 9 Bandung, Kota Bandung, Jumat (14/6/2019). (foto : TAOFIK ACHAMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat sorot website Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Situs tersebut dinilai tidak transparan lantaran belum memenuhi keperluan informasi seputar hasil PPDB 2019 se-Jawa Barat.


Ketua KIP Jabar, Dan Satriana mengungkapkan, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar telah mengumumkan hasil PPDB 2019 SMA/SMK se-Jabar melalui website www.ppdb.disdik.jabarprov.go.id pada Sabtu (29/6/2019). Dalam pantauannya, situs tersebut terdapat beberapa menu untuk diakses peserta didik baru. Ketika ditelusuri, pada sub menu hasil seleksi, tertera daftar peserta didik yang lolos. Namun dalam daftar tersebut tidak disertakan infomasi mendalam, seperti keterangan domisili dan skor kelulusan.

Dan menyampaikan, berdasarkan teknis penyampaian informasi, Disdik Jabar secara prosedur sudah tepat waktu. Namun, kata dia, situs yang disediakan tidak mendorong publik untuk melakukan pengawasan.

“Pengumuman hanya diberikan berdasarkan urutan nama peserta yang sudah diterima, tapi tidak merinci jalur dan skoringnya,”ujar Dan saat dihubungi Radar Bandung, Senin (1/7/2019).

Dan menjelaskan, ketidakterbukaan informasi berdampak pada masyarakat yang tidak bisa mengoreksi, bahwa faktor-faktor apa saja yang membuat anaknya tidak lolos dari peserta lainnya.

“Kemudian masyakarat tidak bisa ikut mengawasi, apakah peserta didik yang diterima sesuai dengan prosedur yang berlaku atau tidak,” ungkapnya.

Dan menambahkan, sudah seharusnya Disdik Jabar memberi keterbukaan terhadap masyarakat, mengingat hal tersebut dikatakan dia, dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Disdik Jabar.

“Disdik memerlukan terbukanya informasi ini. Sehingga PPDB bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Dan mengatakan, dalam waktu dekat ini Disdik Jabar bisa memberikan dua informasi untuk masyarakat. Pertama, berisi mengenai skor yang dapat diakses oleh publik. Kedua, berisi informasi yang lebih rinci soal informasi mengenai peserta didik yang diterima.

“Harus ada juga data yang lebih rinci yang bisa diakses oleh pihak yang berkepentingan dalam hal ini orangtua,”ucapnya.

Koordinator Kajian Tim Monitoring Independen (TIM) PPDB Jabar 2019, Iwan Hermawan menyayangkan atas ketidakmunculannya data detail calon peserta didik (cadik) pada PPDB online Jabar.

Menurutnya, hal itu sangat menyulitkan orangtua cadik dalam melihat Passinggrade sekolah disetiap jalurnya. Sehingga, kata dia, orangtua murid tidak mengetahui posisi anaknya dalam satu jalur pilihan dan atas dasar apa tidak diterima.

“Biasanya setiap PPDB online cadik bisa melihat urutan nilai pada setiap jalur, sehingga tidak menimbulkan suudzon,”kata Iwan.

Iwan menjelaskan, aturan tersebut padahal sudah jelas ada dalam Pergub Jabar nomor 16 2018 tentang PPDB Jabar. Dimana dijelaskan semua informasi harus ada keterbukaan untuk publik.

“Pasal 5 ayat (1) huruf c jelas disebutkan prinsip PPDB adalah transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan peserta didik bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh
masyarakat termasuk orang tua siswa,”pungkasnya.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Vaksinasi Tahap Pertama Segera Selesai

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Vaksinasi COVID-19 tahap I untuk dosis I terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dimulai …