AAF 2019 Tingkatkan Okupansi Hotel

FESTIVAL: Peserta karnaval Asia Africa Festival (AAF) 2019 saat tampil dihadapan ribuan warga yang hadir di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (foto : IST)

FESTIVAL: Peserta karnaval Asia Africa Festival (AAF) 2019 saat tampil dihadapan ribuan warga yang hadir di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Asia Africa Festival (AAF) 2019 memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi dan pariwisata Kota Bandung. Salah satu buktinya okupansi hotel di kota kembang mencapai 100 persen sebelum dan saat hajatan akbar itu digelar.


Hal tersebut terjadi di beberapa hotel yang terletak di sekitar Jalan Asia Afrika. Contohnya, seluruh kamar di Hotel Savoy Homann dan Grand Prama Preanger telah dipesan hingga Minggu (30/6/2019). Puncak okupansi terjadi pada Sabtu, (29/6/2019).

“Di kami (Preanger) sampai 100 persen,” ungkap Dani, staf marketing Hotel Grand Prama Preanger, Minggu (30/6/2019).

Hal senada diungkapkan Revinna Tova Nugraha, Public Relations Hotel Savoy Homann. Menurutnya, sebagian besar kamar dipesan oleh para wisatawan yang ingin menikmati suasana Asia Africa Festival 2019.

“Kalau di Savoy Homann, kita sudah ramai dari Jumat (28/6). Dari segi kamar, semua tipe terisi. Sebagian besar disewa oleh mereka yang ingin menikmati view Asia Africa Festival,” terangnya.

Selain itu, Hotel Savoy Homann sebagai hotel bersejarah juga menjadi tempat bermalam para duta besar yang hadir saat AAF 2019. Sebanyak 25 kamar dipersiapkan untuk para delegasi negara.

“Karena Savoy Homann menjadi sejarah KAA pertama tahun 1955,” terangnya.

Peningkatan okupansi itu juga diakui oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar. Banyak hotel, terutama yang berada di sekitar venue AAF penuh terisi.

“Biasanya, akhir pekan memang ramai, bisa sampai 90 persen. Kali ini karena ada AAF, okupansi mencapai 100 persen di beberapa hotel,” bebernya.

Apalagi, momentum AAF 2019 ini bertepatan dengan sesi liburan sekolah. Banyak keluarga yang menghabiskan liburan bersama. Kombinasi libur sekolah, akhir pekan dan kegiatan AAF membuat banyak wisatawan yang kehabisan hotel.

“Momentum yang tepat dengan libur sekolah. Jadi ramai dengan liburan, pasti ada peningkatan, terutama di hotel sekitar Asia Afrika. Terlihat bahwa weekend ini hotel memang cukup bagus, terutama Sabtu malam, ditambah lagi ada Festival Asia Afrika. Termasuk di pusat perbelanjaan,” katanya.

Herman berharap, kondisi ini terus bisa mendongkrak sektor pariwisata di Kota Bandung. Ia berpendapat bahwa pelaksanaan AAF 2019 akan lebih baik jika dikombinasikan dengan berbagai atraksi wisata lainnya. Pelibatan berbagai komunitas pariwisata bisa lebih mengoptimalkan potensi wisata di momentum ini.

“Kalau terintegrasi dengan destinasi wisata lainnya, ini akan semakin baik. Apalagi kalau melibatkan asosiasi pariwisata yang berjumlah 14 asosiasi tentu akan lebih baik lagi,” pungkasnya.

(arh/son)

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …