Prolanis Bangkitkan Semangat Hidup Ahmad

Ahmad

Ahmad

POJOKBANDUNG.com, PACET – Prolanis adalah Program Pengelolaan Penyakit Kronis dengan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan. Program ini bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Penyakit kronis yang dimaksud adalah diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi.


Ahmad Sofiyan (77) adalah pensiunan guru yang menjadi peserta Prolanis selama 4 tahun ini masih semangat mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Puskesmas Pacet, Sabtu (29/0). Ahmad merupakan penderita penyakit hipertensi, sudah 5 tahun ini pensiunan guru ini punya riwayat penyakit tersebut.

Setelah adanya BPJS Kesehatan, kakek bercucu 15 orang ini dianjurkan untuk mengikuti Prolanis. Baginya, semenjak mengikuti Prolanis, tensinya bisa terkendali stabil karena mengikuti pola hidup yang sehat, seperti senam, menjaga pola makan yang teratur serta edukasi seperti yang disosialisasikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Soreang dalam kegiatan senam di Puskesmas Pacet.

“Senam dilakukan setiap minggu, kadang hari kerja atau hari libur seperti sekarang. Namun saya mah selalu senam setiap saat, setiap mau ke masjid, subuh-subuh jalan kaki menuju masjid yang lumayan berjarak 50 meter dari rumah. Alhamdulillah semangat hidup saya rasanya jadi bertambah dengan adanya program Prolanis dari BPJS Kesehatan,” ujar Ahmad.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer (PMR) BPJS Kesehatan Cabang Soreang Sundus Farida mengatakan, kegiatan Prolanis juga dilakukan di seluruh FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Pengelolaan penyakit kronis dilakukan secara komprehensif meliputi peningkatan edukasi penderita dan keluarga terhadap penyakit kronis yang dideritanya.

“Kami mengajak mereka untuk mengelola kesehatannya dengan baik dengan membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik, sehingga kualitas hidupnya bisa tetap optimal,” ujar Sundus.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …