Tingkatkan Kesadaran Peserta JKN-KIS dengan Kampanye Bayar Iuran Tepat Waktu

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di tahun 2019 mendatang sebagai cita-cita dan harapan dari pemerintah, BPJS Kesehatan memiliki peranan penting dalam pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk seluruh penduduk Indonesia. Untuk meningkatkan cakupan kepesertaan dan kolektibilitas iuran Program JKN-KIS, bagian terpenting selain dari pencapaian cakupan adalah kepatuhan peserta dalam membayarkan iuran karena sistem gotong royong melalui iuran peserta yang sehat membatu peserta lainya yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan.

Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi melakukan Kampanye Program Pembagian Kaos Pengingat Pembayaran Iuran JKN-KIS yang  diberikan kepada masyarakat dan pekerja lapangan yang berada di pusat-pusat keramaian dan/atau komunitas tertentu. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Ilman Muttaqien dan beberapa orang tim, Jumat (28/06/2019).

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan Kampanye Program Pembagian Kaos Pengingat Pembayaran Iuran JKN-KIS. Kaos-kaos ini diberikan kepada tukang ojek, tukang becak, sopir angkot, pedagang asongan, pedagang pasar yang ada di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Hal ini dilakukan agar masyarakat ingat kapan mereka harus membayar iuran JKN-KIS,” ujar Ilman.

Dirinya berharap agar semua kaos yang dibagikan kepada masyarakat dan pekerja lapangan yang berada dipusat keramaian dan/atau komunitas tertentu terutama tukang ojek, tukang becak dan lain-lain selalu memakai kaos ini dalam kegiatan sehari-harinya, agar kampanye ini berjalan lancar dan mencapai target sesuai dengan harapan BPJS Kesehatan.

Ilman menambahkan, bahwa peserta JKN-KIS yang rajin membayar iuran tapi tidak pernah menggunakan kartunya agar selalu diberikan kesehatan. Ia juga menghimbau untuk tidak merasa rugi membayar meski tidak pernah menggunakan kartu JKN-KIS-nya. Sebab, prinsip dalam Program JKN  adalah gotong royong.

“Artinya, yang sehat membantu saudara-saudara kita yang sakit. Biarlah yang sehat tetap membayar iuran untuk membantu pembiayaan saudara-saudara kita yang kebetulan sakit,” tutup Ilman.

Andi, salah seorang penerima kaos BPJS Kesehatan mengaku senang dan berterima kasih kepada BPJS Kesehatan. Dia berencana akan menggunakan baju kaos warna putih itu untuk beraktivitas sehari-hari. Apalagi, dirinya merupakan salah seorang peserta JKN-KIS.

“Alhamdulillah akan saya gunakan untuk beraktifitas sehari-hari, sebab bajunya cukup bagus. Apalagi saya juga salah seorang peserta JKN-KIS. Semoga dengan menggunakan baju ini, masyarakat yang lupa membayar iuran JKN-KIS akan teringat untuk membayar rutin setiap bulannya,” jelas Andi.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds