Kawat Benang Layangan Ganggu Pasokan Listrik

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Memasuki musim kemarau dan kencangnya angin berhembus, membuat PLN mewaspadai potensi gangguan jaringan akibat layang-layang.


Gangguan jaringan listrik akibat layang-layang kerap terjadi ketika kemarau. Sebab kebanyakan masyarakat bermain layang-layang di area pemukiman dekat tiang listrik.

“Sangat diantisipasi, karena sebulan belakangan khusus untuk wilayah Cimahi Selatan ada kurang lebih 5 kali kejadian padam listrik karena layang-layang,” ungkap Supervisor PLN UP3 Cimahi Wilayah Cimahi Selatan, Ilyas.

Benang gelasan yang biasanya ditambah dengan kawat di bagian ujungnya, lalu tersangkut di kabel listrik bisa menyebabkan ledakan di trafo gardu PLN.

“Biasanya trafo langsung meledak, atau ada kerusakan bagian lain. Kalau sudah begitu resiko buat masyarakat jadi terkena imbasnya,” ujarnya.

Selain kerusakan pada saluran distribusi, kerugian lain akibat padamnya listrik oleh gangguan layang-layang yakni energi yang tidak tersalurkan kepada pelanggan.

“Kalau padam jadi daya yang mesti dialirkan dan terjual itu kan jadi tersimpan. Kalau sudah begitu secara materi PLN juga rugi. Belum lagi penggantian peralatan yang meledak,” tegasnya.

Setiap terjadi ledakan, proses perbaikan membutuhkan waktu setidaknya satu jam. Termasuk dengan mematikan aliran daya dari gardu induk ke gardu penyuplai listrik ke permukiman.

“Biasanya paling cepat 45 menit sampai 1 jam. Tapi kan masyarakat tidak mau menunggu selama itu. Kadang mereka marah-marah ke petugas karena mematikan listrik, padahal kan padam itu karena gangguan,” jelasnya.

Untuk menyampaikan bahaya bermain layang-layang menggunakan kawat di dekat jaringan listrik, pihaknya melakukan sosialisasi dengan menyebar brosur.

“Tentu sosialisasi dilakukan, mulai dari brosur sampai memanfaatkan media sosial. Kami minta masyarakat terutama orangtua melarang anak-anaknya bermain layang-layang di permukiman, lebih baik di lapang terbuka,” tandasnya. (dan)

Loading...

loading...

Feeds

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …