Inventarisir Rawan Kebakaran Kawasan Bandung Utara

MENJELASKAN : Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin memberikan penjelasan tentang potensi terjadinya kebakaran hutan di musim kemarau ini khususnya di wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU)
( Foto : MOCH.HABIBI/RADAR BANDUNG )

MENJELASKAN : Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin memberikan penjelasan tentang potensi terjadinya kebakaran hutan di musim kemarau ini khususnya di wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU) ( Foto : MOCH.HABIBI/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Untuk mewaspadai potensi terjadinya kebakaran hutan di musim kemarau ini khususnya di wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU) Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara melakukan inventarisasi titik-titik rawan kebakaran.


Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin menjelaskan, karena itu sejumlah langkah antisipasi sudah dilakukan dari sekarang termasuk mengimbau Masyarakat Desa Hutan Peduli Api (MDHPA) untuk proaktif memantau wilayahnya.

“Saat musim kemarau seperti ini memang memunculkan kerawanan akan kebakaran hutan, makanya dari sekarang kami mulai menginventarisasi titik-titik yang rawan,” kata Komarudin, Kamis (27/6).

Lanjut Komarudin mengatakan, selain upaya preventif dan represif, pihaknya juga sudah menginstruksikan ke jajaran di lapangan agar melaporkan segala kejadian di lapangan.

“Apabila ada kebakaran lakukan upaya penanganan dini secepatnya, laporkan, lalu cari tahu faktor penyebabnya apa. Ini mengingat kawasan hutan wilayah KPH Bandung Utara sangat luas yakni mencapai 20.560 hektare (ha),” ujarnya.

Setelah dilakukannya inventarisasi titik-titik rawan, kemudian akan diperkuat dengan pembuatan peta rawan kebakaran, baik di tingkat Resort Pemangkuan Hutan (RPH) maupun Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH).

Termasuk juga melengkapi sarana prasarana pengendalian dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. “Pastinya ada skala prioritas. Biasanya di tingkat BKPH ada alat pemadan api ringan (APAR), tapi di tingkat RPH lebih kepada alat-alat yang sederhana,” sebutnya.

Dirinya juga telah memerintahkan jajarannya untuk memastikan pembentukan organisasi pelaksana pengendalian kebakaran hutan, berikut pejabat penanggung jawabnya.

Pada musim kemarau tahun lalu, berdasarkan data terdapat 10 kasus kejadian kebakaran hutan di KPH Bandung Utara. Berdasarkan pengalaman kebakaran hutan lebih banyak dipicu oleh faktor manusia baik yang disengaja ataupun tidak, dibandingkan dengan faktor alam.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dari pemerintah daerah, TNI/Polri, dan unsur masyarakat. Bukan hanya saat musim kemarau yang rawan kebakaran tapi juga saat musim hujan dengan ancaman bahaya longsor atau pohon tumbang,” ungkap dia.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …