BPJS Kesehatan Perkuat Sinergi Penjaminan Kecelakaan Lalu Lintas

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – BPJS Kesehatan Cabang Cimahi kembali menggelar pertemuan koordinasi penjaminan Kasus Kecelakaan Lalu Lintas (KLL) bersama PT Jasa Raharja (Persero), Satlantas Polres Cimahi, dan rumah sakit mitra BPJS Kesehatan setempat, yang berasal dari wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, Selasa (25/06/2019). Untuk diketahui bahwa koordinasi manfaat jaminan kecelakaan lalu lintas telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Idham Kholid mengatakan melalui acara tersebut diharapkan bisa meningkatkan koordinasi penjaminan kecelakaan lalu lintas sekaligus meningkatkan kompetensi para petugas rumah sakit. Devi mengatakan bahwa, BPJS Kesehatan bukan satu-satunya instansi yang berperan dalam penjaminan kecelakaan bagi peserta JKN-KIS. Menurutnya, bahwa saat ini masih banyak yang menganggap bahwa KLL hanya dijamin oleh BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja, padahal masih ada beberapa instansi yang juga memiliki kewajiban dalam penjaminan kecelakaan seperti BPJS Ketenagakerjaan, PT Taspen dan lain-lain.

“Kita ingin menyamakan persepsi mengenai penjaminan untuk kasus kecelakaan lalu lintas dan kasus kecelakaan kerja. Karena kita tahu ada beberapa instansi yang siap melakukan penjaminan pada kasus tersebut. Semoga perwakilan dari rumah sakit dapat menyampaikan informasi ini ke lingkungan rumah sakit. Kami berharap sinergi ini dapat menjadikan peserta JKN-KIS lebih mudah mengurus jaminan kesehatan pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas,” ucap Idham

Kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai momen me-review kembali aplikasi INSIDEN (Integrated System For Traffic Accident) yang sudah diimplementasikan secara nasional sejak Maret 2018. INSIDEN merupakan sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) yang dibangun secara web based, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh rumah sakit. Aplikasi INSIDEN memiliki banyak keunggulan yang mempercepat dan meningkatkan pelayanan kepda masyarakat yang menjadi korban KLL.

Pada kesempatan tersebut, Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Cimahi Adi Purnomo menjelaskan bahwa koordinasi antara semua instansi ini sangat diperlukan agar kedepannya masalah penjaminan terhadap korban kecelakaan dapat berjalan lancar dan pasien tidak ditelantarkan, karena hal tersebut menyangkut nyawa manusia. Ia menuturkan pihaknya akan melakukan kunjungan langsung kepada pasien yang mengalami kecelakaan lalu lintas begitu mendapat laporan dari peserta tersebut.

“Melalui forum inilah kita dapat berdiskusi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Butuh pemahaman dan sinergi yang baik antara lembaga penjamin manfaat dan Rumah Sakit. Oleh karena itu dengan adanya pertemuan ini, Rumah Sakit sebagai pihak pertama yang berinteraksi langsung dengan korban diharapkan lebih memahami kasus kecelakaan yang terjadi sehingga dapat memberikan edukasi kepada korban dan keluarga korban atas siapa yang berkewajiban menjamin,” ujar Adi.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds