Pencairan Gaji 13 Tunggu Penyelesaian Administrasi

ILUSTRASI : Aparatur Sipil Negara (ASN) DI LINGKUNGAN Pemkot Cimahi saat melaksanakan apel pagi.
( Foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

ILUSTRASI : Aparatur Sipil Negara (ASN) DI LINGKUNGAN Pemkot Cimahi saat melaksanakan apel pagi. ( Foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi menganggarkan nominal sebesar Rp23 miliar untuk membayar gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Berdasarkan catatan, ada sekitar 4.000 lebih PNS dan 238 CPNS di Kota Cimahi akan mendapat gaji yang rencananya cair pada akhir bulan Juni ini.

“Nanti kita serahkan sesuai imbauan Kementerian Keuangan di akhir bulan Juni ini. Semuanya sudah disiapkan,” ujar Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Achmad Nuryana.

Gaji ke-13 merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang gaji ke-13. Sedangkan keputusan lain yang mengatur pembayaran gaji ke13 tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 57/PMK.05/2019 tentang Perubahan Ketiga Atas PMK Nomor 96/PMK.05/2016.

Selain itu, diatur pula dalam Ketentuan PMK 2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ke-13 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

“Kalau besarannya sesuai gaji yang didapat bulan Juni. Kalau sebelum lebaran kan gaji plus THR, sekarang hanya gaji saja,” katanya.

Sesuai arahan Kementerian Keuangan, peruntukan gaji ke-13 bagi para abdi negara itu adalah untuk membantu biaya pendidikan bagi keluarganya yang menjadi tanggungan yang bersangkutan.

“Ditujukan untuk meringankan biaya bagi para ASN yang menyekolahlan anaknya,” ujarnya.

Sebelum gaji ke-13 dicairkan, pihaknya masih fokus pada pencairan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bulan Mei. Mekanisme pencairan TKD sendiri biasanya dicairkan bulan berikutnya.

Kata dia,  TKD itu mulai dicairkan pekan kedua setiap bulannya. Tapi untuk bulan ini mengalami keterlambatan karena masih dalam tahap penyelesaian administrasi seperti penilaian kehadiran, kinerja dan sebagainya.

“Biasanya di awal minggu kedua sudah diselesaikan. Mungkin kemarin karena ada libur panjang idul fitri. Jadi administrasi TKD itu kan harus berdasarkan kehadiran, capaian kinerja dan sebagainya. Bulan ini ASN akan dapat gaji dan TKD,” jelasnya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

ruhimat

Ruhimat Tantang Bukti Jual Beli Jabatan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H.Ruhimat mengatakan, pelantikan dan rotasi jabatan sebagai penyempurnaan serta penyemangat baru. “Pelantikan ini sebagai penyegaran …