Malindo Air Keluar Landasan Saat Berbelok

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Maskapai Malasysia-Indonesi (Malindo) Air tergelincir saat hendak lepas landas di landasan Bandara Husain Sastranegara pada Kamais (20/6) siang pukul 14.25 WIB.
Berdasarkan Informasi yang dihimpun Radar Bandung, Pesawat Type 737-800 NG dengan nomor Nomor 0D 301, dikabarkan hendak memberangkatkan penumpang dari Bandara Husain menuju Kuala Lumpur, Malaysia.
Pantauan Radar Bandung dari luar lokasi kejadian sekira pukul 15.30 WIB jalan utama menuju Bandara Husain Sastranegara sempat mengalami kemacetan. Terlihat juga dari kejauhan landasan dekat pesawat dikerumuni petugas yang terlihat sedang memeriksa pesawat tersebut.
Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Malindo Air benar mengalami keluar dari landas pacu (runway excursion). Kejadian tersebut dikatakannya, terjadi pada saat berbelok sebelum lepas landas pada pukul 14.25 WIB di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Kota Bandung.
Maskapai dengan mesin Boeing 737-800NG beregistrasi 9M-LCK itu, terdapat 122 orang yang terdiri dari 114 penumpang dan delapan anggota kru.
“Semua penumpang dan awak pesawat kondisi selamat serta telah dievakuasi dengan aman. Saat ini, Malindo Air sedang mengatur rencana perjalanan penumpang,”kata Danang berdasarkan rilis yang diterima Radar Bandung, Kamis (20/6).
Lebih lanjut, Danang mengatakan, saat ini Pesawat dalam proses penanganan dan evakuasi. Atas kesalahan tersebut, pihaknya meminta maaf dan akan menjamin keselamatan semua penumpang.
“Malindo Air meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan ingin menegaskan kembali bahwa Malindo Air mengutamakan faktor keselamatan sebagai prioritas utama,”kata dia.
Sementara, Pengamat Penerbangan, Alvin Lie Ling Piao mengatakan, kejadian tersebut murni kecelakaan, sehingga tidak ada kaitan dengan kelayakan landasan Bandara Husain Sastranegara.
“Tidak ada urusan, saya sudah liat data-datanya itu tidak ada kaitnya dengan kelaikan landasan,”ujar Alvin kepada Radar Bandung melalui Telepon Genggam, Kamis (20/6) malam.
Menurutnya, pergerakan pesawat itu tidak selalu sesuai garis kuning yang menjadi pandu. Pergerakan pesawat bisa berbeda-beda. Dikatakan Alvin banyak faktor yang mempengaruhi kejadian tersebut.
“Tapi tidak ada urusnya dengan landasan. Insiden ini tidak ada kaitan dengan landasan,”ungkapnya
Alvin menambahkan, Bandara Husain Sastranegara sudah mendapat sertifikasi kelaikan dan standar internasional. Sehingga tidak ada hubunganya kejadian tersebut dengan landasan pacu.
“Kalau tidak memiliki standar tersebut, tidak mungkin pesawat-pesawat turun ke Husein Sastranegara. Asuransi juga tidak akan menjamin,”pungkasnya.

(azs)


Loading...

loading...

Feeds

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …