Pemerintah Ajak Mahasiswa Bela Negara

KULIAH UMUM : Rektor Unjani, Witjaksono dan Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Bondan Tiara Sofyan usai kuliah umum di Unjani Cimahi, Jalan Jend. Sudirman, Kamis (20/6/2019).
(foto: WISHNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

KULIAH UMUM : Rektor Unjani, Witjaksono dan Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Bondan Tiara Sofyan usai kuliah umum di Unjani Cimahi, Jalan Jend. Sudirman, Kamis (20/6/2019). (foto: WISHNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Perkembangan teknologi yang pesat pada era revolusi industri 4.0 saat ini nyata memberikan dampak negatif, salah satunya dalam bentuk proxy war atau ancaman menggunakan teknologi dalam dunia digital.


Menurut Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Bondan Tiara Sofyan, pihaknya menekankan mahasiswa agar ikut aksi bela negara dengan cara menyaring persebaran informasi hoaks di dunia digital atau media sosial.

“Yang bisa dilakukan Unjani dalam proxy war di industri 4.0, saya minta dosen fokus pada pembelajaran akademik. Kami juga ajak mahasiswa untuk aktif dalam berorganisasi agar mengisi waktu dengan kegiatan positif, meski tidak bisa menyelidiki satu persatu tapi memberi batasan dan pengawasan,” ujar Bondan saat ditemui usai memberikan kuliah umum di Unjani Cimahi, Kamis (20/6/2019).

Ancaman dalam bentuk proxy war merupakan salah satu ancaman yang dapat menghancurkan suatu negara dari teknologi di mana perang tanpa bentuk, tak jelas siapa kawan maupun lawan.

“Proxy war harus diwaspadai karena aksi ini tidak dapat dikenali dengan jelas siapa kawan dan siapa lawan karena musuh mengendalikan dari jauh,” tuturnya.

Pihaknya mengingatkan semua pihak utamanya mahasiswa sebagai anak bangsa dan penerus bangsa untuk bersatu melawan berita hoax atau informasi palsu supaya ketahanan informasi Indonesia menjadi kuat.

“Upaya bela negara tak hanya dilakukan oleh tentara maupun polisi dengan mengangkat senjata. Namun di tingkat universitas bersama mahasiswa, bela negara juga perlu diterapkan. Caranya, bagaimana melakukan yang terbaik melalui profesi masing-masing,” ungkapnya.

Apalagi, proxy war sangat gencar melanda Indonesia yang mayoritas mahasiswanya lahir dalam masa perkembangan teknologi yang tak terbendung.

“Kebebasan informasi dipakai pihak luar untuk mengadudomba Indonesia. Kami ingin Unjani jadi lokomotif bela negara di Jawa Barat,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unjani, Witjaksono, mengaku pihaknya bertanggung jawab pada perkembangan ideologi mahasiswanya. Namun pihaknya memastikan mahasiswa Unjani dalam koridor yang lurus.

“Mahasiswa diberikan kebebasan mengakses informasi, berorganisasi di dalam maupun luar kampus, sosialisasi, tapi dipastikan tidak akan mudah terpapar ideologi yang sekiranya tidak baik. Mereka bertanggung jawab pada dirinya,” ujarnya.

(dan)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …