Taman Militer Cimahi Sedot Rp 450 Juta

MELINTAS : Pengendara roda dua melintas di salah satu komplek militer di Kota Cimahi, Rabu (19/6/2019). Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cimahi akan segera membangun Taman Militer di beberapa titik di Kota Cimahi
(Foto TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

MELINTAS : Pengendara roda dua melintas di salah satu komplek militer di Kota Cimahi, Rabu (19/6/2019). Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cimahi akan segera membangun Taman Militer di beberapa titik di Kota Cimahi (Foto TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Untuk memperindah tata kota, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cimahi segera melakukan pembangunan dekorasi kota.

Khusus untuk pembangunan dekorasi kota yang baru, DPKP akan membuat taman bertema militer di sejumlah titik, diantaranya di Taman Sriwijaya, taman di Padasuka, taman di Jalan Baros, taman di Jalan HMS. Mintaredja, dan Taman Adiraga.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, M. Nur Kuswandana, mengatakan saat ini pembuatan taman sudah dalam tahap pengecekan lahan dan pembuatan platform monumen.

“Rencananya mengecek dulu lahannya, menyesuaikan dengan pembuatan monumen platformnya. Sebetulnya sudah sekitar 80 persen, karena masih menunggu alutsista dari TNI yang akan diberikan,” ujar Nur saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Rabu (19/6/2019).

Alutsista militer yang akan diterapkan pada taman-taman tersebut total lima unit, yakni dua unit panser, dua unit tank serta satu unit meriam.

“Posisinya yang dua ditempatkan di Taman Adiraga dan Taman HMS. Mintaredja, satu di taman Jalan Baros, satu di Taman Segitiga Sriwijaya, kalau untuk meriam dipasang di Padasuka, karena batas kota,” tuturnya.

Total anggaran yang digelontorkan DPKP bagi pembuatan taman bertema militer tersebut sebesar Rp 450 juta. “Untuk membuat monumen itu total ada tiga paket pekerjaan. Ada dua untuk pembuatan platform, dan satu paket untuk pengecekan dan pengangkatan alutsista. Rp 450 juta itu tidak termasuk pengadaan alutsistanya, karena kan sifatnya hibah,” jelasnya.

Nantinya, taman yang dibangun debgan mengusung konsep militer itu akan menjadi identitas Kota Cimahi sebagai kota militer karena memiliki 13 pusat pendidikan TNI.

“Sekarang kan belum ada bentuk nyatanya, hanya dari omongan saja kalau Cimahi kota militer. Untum perawatan akan kita pasang kamera CCTV biar tidak dirusak masyarakat yang tidak bertanggungjawab,” pungkasnya.

(dan)

loading...

Feeds

PORPAMNAS Pestanya Tukang Ledeng

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tukang ledeng se-Indonesia berpesta. Para tukang ledeng ini akan beradu aksi dalam event Pekan Olahraga Perusahaan Air …
pengembangan

Pangandaran Jadi Nomor Satu Pembangunan Wisata

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkomitmen memberi perhatian khusus terhadap pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pangandaran. Salah satunya …