Istilah Keluarga Pra Sejahtera Lebih Tepat

RAPAT: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasamita bersama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial kemensos RI Harry Hikmat rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI. (IST)

RAPAT: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasamita bersama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial kemensos RI Harry Hikmat rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI. (IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasamita mengajak seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) menggunakan istilah positif dalam melakukan pendampingan.

Agus menjelaskan, penggunaan isitilah keluarga pra sejahtera tersebut untuk menghilangkan stigma sosial negatif di masyarakat terhadap keberadaan KPM PKH.

“Mari kita biasakan menyebut KPM dengan sebutan (keluarga pra sejahtera) sehingga tidak ada lagi istilah keluarga miskin,” kata Agus, kemarin.

Disamping itu, istilah tersebut juga untuk meningkatkan kepercayaan diri KPM. Namun ia menghargai upaya yang dilakukan SDM PKH kecamatan Panotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Ia berharap penggunaan istilah keluarga miskin tidak terulang di daerah lain karena akan berdampak negatif kepada keluarga tersebut.

“Jika mau diberikan label sebaiknya gunakan ‘Keluarga Pra Sejahtera’. Kedepan harus tidak ada lagi istilah keluarga miskin,” pintanya.

Langkah ini membuat sebanyak 1.701 KPM mengundurkan diri karena sudah membaik perekonomiannya.

Dari 1.701 KPM yang mundur Kecamatan Pamotan menyumbang paling banyak yaitu 681 KPM. Sedangkan jumlah rumah KPM yang diberikan label sebanyak 2.672.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat menjelaskan, sistem labelisasi keluarga pra sejahtera tersebut merupakan bentuk sosialisasi yang diupaya SDM PKH agar KPM PKH yang telah mampu mempunyai budaya malu.

“Hal ini penting untuk menyadarkan mereka bahwa masih banyak keluarga tidak mampu lainnya yang mengantri untuk mendapatkan bantuan PKH,” pungkasnya.

(arh)

loading...

Feeds

ciilin

Perbaiki Alun-Alun Cililin Tahun 2020

POJOKBANDUNG.com, CILILIN – Pemkab Bandung Barat segera merevitalisasi wilayah sekitar Alun-Alun Cililin termasuk Masjid dan kantor Kecamatan Cililin. Bupati Bandung …
cimahi

Harga Cabai di Cimahi Naik 10 Persen

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah mulai memengaruhi pasokan komoditas sayuran ke Kota Cimahi sehingga mengalami …
timor

Peledakan Pertama di Timor Leste

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – PT. DAHANA (Persero) melakukan first blasting di project kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste, Jumat (12/7/2019). …
kota

Peran Ulama Sinergikan Pembangunan Kota

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M. Danial memastikan membutuhkan ulama untuk membangun Kota Bandung. Hubungan umara (pemimpin pemerintahan) dengan …
ciamis

Emil Mulai Garap Infrastruktur Ciamis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan banyak program pembangunan di Kabupaten Ciamis dalam lima tahun mendatang. Termasuk …
lautze

Masjid Lautze 2 Dapat Wakaf Rp150 Juta

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perluasan lahan baru Masjid Lautze 2 masih berlanjut, dengan bantuan dana Badan Wakaf Salman ITB sebesar Rp150 …